Sejarah dan Pengertian Generator Listrik

Pengertian generator listrik yaitu sebuah rangkaian alat yang bisa menghasilkan energi listrik yang dihasilkan dari energi mekanik. Atau singkatnya yaitu sebuah alat yang mampu merubah energi mekanik menjadi energi listrik. 

Dengan induksi elektromagnetik, maka energi mekanik yang tercipta bisa menghasilkan energi listrik dan kita kenal dengan proses pembangkit listrik.



Daftar isi:

Perbedaan motor dan generator pembangkit listrik

Jika kita melihat kedalam rangkaian generator listrik dan rangkaian motor, keduanya memiliki banyak kesamaan. Akan tetapi jika kita melihat dari fungsinya maka sangatlah berbeda.

Fungsi generator listrik yaitu merubah energi mekanik menjadi energi listrik. Sedangkan pada motor berfungsi merubah energi listrik menjadi energi mekanik, atau dapat dikatan kebalikan dari generator pembangkit listrik.

Sejarah generator listrik

Michael Faraday pada tahun 1831-1832, pada penelitiannya menemukan bahwa terdapat perbedaan potensial yang dihasilkan antara ujung-ujung konduktor listrik yang bergerak tegak lurus terhadap medan magnet. 

Kemudian Faraday membuat generator pembangkit listrik elektromagnetik yang pertama yang di dasarkan pada efek ini dengan menggunakan sebuah cakram tembaga yang berputar diantara kutub magnet tapal kuda. Namun pada proses ini hanya menghasilkan arus searah yang kecil.

Info pustaka:
"Cakram Faraday merupakan sejarah awal terciptanya generator listrik"
Pengertian Generator Listrik
Cakram listrik Faraday
Adanya aliran arus listrik yang berlawanan arahnya sehingga menghasilkan listrik searah yang kecil menyebabkan cakram Faraday ini tidak efisien. Arus yang diinduksi langsung di bawah magnet akan mengalir kembali ke bagian cakram di luar pengaruh medan magnet. Arus balik itu membatasi tenaga yang dialirkan ke kawat penghantar dan menginduksi panas yang dihasilkan cakram tembaga. 

Generator homopolar yang dikembangkan selanjutnya menyelesaikan permasalahan ini dengan menggunakan sejumlah magnet yang disusun mengelilingi tepi cakram untuk mempertahankan efek medan magnet yang stabil. Kelemahan yang lain adalah amat kecilnya tegangan listrik yang dihasilkan alat ini, dikarenakan jalur arus tunggal yang melalui fluks magnetik.

Hukum Faraday

Menurut hukum Faraday:
"Jika sepotong kawat penghantar listrik berada pada medan magnet berubah-ubah, maka di dalam kawat tersebut akan terbentuk Gaya Gerak Listrik (GGL)"

Sumber energi mekanik sendiri bisa dihasilkan dari angin, gelombang laut, pasang surut, panas, uap dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, jika ada sebatang logam panjang yang berada pada medan magnet, maka akan menghasilkan elektron bebas yang akan bergerak ke kiri dan akhirnya akan menghasilkan medan listrik induksi yang sma kuat dengan medan listrik.

Dalam hal ini potensial kedua ujung logam menjadi sama besar dan aliran elektron akan berhenti, maka pada kedua ujung logam akan terdapat muatan induksi. Agar aliran elektron bebas berjalan terus maka harus muatan induksi ini terus diambil, sehingga pada logam tidak timbul medan listrik induksi. Dan sumber ggl (misal baterai) yang dapat membuat beda potensial kedua ujung logam harganya tetap, sehingga aliran elektron akan tetap berjalan.

Aliran elektron Sebatang logam pada medan magnet
Aliran elektron Sebatang logam pada medan magnet