6/16/2015

Pengertian Seisme atau Gempa

Pengertian Seisme atau gempa bumi adalah getaran yang terjadi pada lapisan kulit bumi (listofera) yang bersumber dari lapisan litosfera bagian dalam. Hentakan tersebut lalu dirambatkan pada litosfera dan kemudian ke permukaan bumi. Alat untuk mencatat gempa disebut seismograf.

Jenis atau macam gempa bumi

Macam gempa bumi berdasarkan faktor penyebabnya dibedakan sebagai berikut:

a. Gempa tektonik

Gempa tektonik adalah gempa yang mengiringi gerakan tektonik atau gerakan yang disebabkan karena adanya retakan dan patahan secara mendadak. Ini terjadi jika terbentuk patahan-patahan baru atau terjadi pergeseran di sepanjang patahan akibat aktivitas di dalam kerak bumi.

Sebagian besar gempa yang terjadi di bumi merupakan gempa tektonik. Di Indonesia, pergerakan kulit bumi sering terjadi di daerah bagian barat, seperti Sumatera, selatan Pulau Jawa hingga Timor.

Jalur wilayah ini merupakan jalur yang rawan dengan gempa bumi. Gempa bumi tektonik yang bersumber di dasar laut biasanya diikuti dengan gelombang besar atau tsunami. Untuk itu bagi kamu yang berada di kawasan pantai atau tinggal di pantai, bila terjadi gempa bumi segeralah menghindar dari pantai, carilah tempat yang lebih tinggi.

Tsunami yang pernah terjadi di Alor, Jawa Timur, dan Nangroe Aceh Darusalam berlangsung kurang dari setengah jam setelah terjadinya gempa bumi.

Pengertian Seisme atau Gempa
Dampak kerusakan yang diakibatkan seisme atau gempa dan tsunami di NAD

b. Gempa vulkanik

Gempa vulkanik adalah gempa yang terjadi karena letusan gunung berapi. Gempa vulkanik terjadi sebelum dan selama letusan gunung terjadi. Biasanya getaran yang ditimbulkan hanya terdapat di sekitar gunung api saja, untuk tempat yang jauh sekali dari gunung api tidak akan terasa getaran yang ditimbulkan.

c. Gempa runtuhan

Gempa runtuhan adalah gempa yang terjadi karena runtuhan. Gempa ini terjadi di daerah yang terdapat banyak rongga-rongga dibawah tanah. Karena tidak kuat menahan atap rongga maka terjadilah runtuhan yang akhirnya mengakibatkan gempa.

Contoh gempa runtuhan biasanya terjadi pada daerah kapur yang terdapat banyak gua-gua dan sungai bawah tanah, dan di daerah pertambangan yang terdapat rongga-rongga dibawah tanah akibat dari penggalian bahan-bahan tambang.

d. Gempa buatan

Gempa buatan adalah gempa yang terjadi akibat ulah manusia. Contoh dari gempa buatan adalah adanya gempa yang diakibatkan peledakkan bom. Bom besar dapat membuat getaran yang amat kuat sehingga mampu menghancurkan benda-benda di sekeliling kita.

Macam gempa menurut letak terjadinya dapat dibedakan sebagai berikut,

a. Gempa episentrum

Gempa episentrum adalah gempa yang terjadi di tepi kerak atau lempeng samudra maupun lempeng benua.

b. Gempa hiposentrum 

Gempa hiposentrum adalah gempa yang terjadi pada kedalaman tertentu pada lempeng samudra maupun lempeng benua.


0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.