7/22/2015

Ciri dan Pengertian Pada Perusahaan Dagang

Kalian tentu pernah mendengar kata "Dagang" bukan? Kata dagang sendiri berarti kegiatan membeli dan menjual kembali produk yang sudah jadi untuk memperoleh keuntungan atau laba. Sedangkan orang yang melakukan kegiatan dagang disebut sebagai pedagang.

Pada postingan artikel plengdut.com kali ini, kita akan membahas ciri dan pengertian perusahaan dagang. Di dalam dunia usaha, banyak terdapat pedagang besar maupun pedagang kecil atau yang biasa kita kenal dengan pedagang eceran. Lalu apakah pengertian dan ciri dari perusahaan bentuk dagang itu sendiri?

Pengertian Perusahaan Dagang
Pengertian dari perusahaan bentuk dagang yaitu perusahaan yang bergerak di bidang pembelian barang finished goods (produk jadi) dan kemudian menjualnya kembali dengan tidak merubah bentuk produk tersebut untuk memperoleh laba atau keuntungan. 

Ciri dan Pengertian Perusahaan Dagang
Produk jadi yang diperjual belikan pada perusahaan dagang biasanya kita kenal dengan sebutan barang dagangan atau merchandise inventory. Yang dimaksud barang dagangan pada perusahaan jenis dagang ini adalah barang yang dibeli oleh perusahaan untuk dijual kembali.

Sebagai contoh perusahaan bentuk dagang adalah toko bangunan. Toko bangunan biasanya membeli bahan-bahan yang diperlukan bangunan seperti cat, semen, pasir, dan lain sebagainya, yang kemudian di jual kembali untuk mendapatkan laba atau keuntungan tanpa merubah produk atau barang dagangan yang dijual. Contoh perusahaan dagang lainnya yaitu mini market - mini market yang saat ini sudah banyak kita temukan di sepanjang jalan.

Ciri ciri Perusahaan Dagang
Setelah membaca uraian tentang pengertian perusahaan bentuk dagang diatas, kita dapat menyimpulkan bahwa kegiatan utama perusahaan jenis dagang ini adalah membeli dan menjual kembali barang dagangan tanpa merubah bentuk barang yang dijual. Lalu, apa sajakah ciri ciri perusahaan jenis dagang itu sendiri?

Beberapa dari ciri perusahaan dagang yaitu:
  1. Pada perusahaan ini kegiatannya melakukan pembelian dan penjualan barang dagangan.
  2. Pendapatan perusahaan ini berasal dari hasil penjualan barang dagangan.
  3. Terdapat penghitungan harga pokok penjualan, untuk menentukan besarnya laba atau rugi pada perusahaan ini.
  4. Beban operasional perusahaan terdiri atas beban penjualan dan beban administrasi umum
Itulah tadi beberapa ciri dan pengertian dari perusahaan jenis dagang. Untuk pembahasan lebih mendalam mengenai perusahaan dagang ini akan plengdut.com bahas pada artikel postingan belajar berikutnya.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.