8/05/2015

Contoh Menulis Surat Untuk Lamaran Pekerjaan

Contoh menulis surat untuk lamaran mencari kerja & unsur surat pada lamaran mencari kerja menjadi pembahasan postingan artikel belajar plengdut kali ini. Dalam menyusun sebuah surat untuk lamaran pekerjaan, perlu diperhatikan unsur-unsur apa saja di dalamnya. Unsur surat pada lamaran mencari kerja ini meliputi struktur kalimat & penggunaan ejaan dalam bahasa Indonesia dengan baik & benar.

Contoh Surat untuk lamaran kerja
Agar tidak bingung dengan cara membuat lamaran untuk kerja beserta unsurnya dengan baik & benar, mari kita terlebih dahulu memperhatikan contoh lamaran mencari kerja berikut ini:


Nganjuk, 27 Agustus 2015
Yth. Kepala Personalia
PT Biogas Surabaya 
Jalan Raya Bungur No. 99
Surabaya

Dengan hormat,
  Berdasarkan iklan yang dimuat dalam harian umum kompas, tanggal 24 Agustus 2015 tentang adanya lowongan pekerjaan tenaga pemasaran, saya yang bertanda tangan di bawah ini

nama                  : Abdul Khoidir
tempat/tanggal lahir  : Nganjuk, 19 Januari 1984
alamat                : Jalan Pulung No. 123, Pulung, Ponorogo
pendidikan            : SMK
  
  dengan ini mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi lowongan tersebut.

Sebagai bahan pertimbangan, bersama surat ini, saya lampirkan:
  1. daftar riwayat hidup (cv);
  2. fotokopi ijazah SMA;
  3. fotokopi KTP;
  4. fotokopi sertifikat kursus komputer;
  5. dua lembar pasfoto terbau ukuran 4x6 cm
  Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya ajukan. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih.
Hormat Saya



Abdul Khoidir

Dari contoh membuat lamaran mencari kerja diatas ada beberapa unsur yang perlu kalian perhatikan saat menulis lamaran untuk kerja. Antara lain sebagai berikut:

EYD pada lamaran
Pada saat menulis lamaran mencari kerja, perhatikan kaitan antar kalimat, kejelasan kalimat & ejaan yang sudah di sempurnakan atau EYD. Contoh susunan kalimat pada lamaran untuk kerja:

Atas perhatiannya saya mengucapkan terima kasih. (susunan kalimat salah)

Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih. (susunan kalimat benar)

Contoh Surat Lamaran Kerja & Unsur Surat Lamaran Untuk Kerja
Perlu diketahui juga, dalam menulis lamaran untuk kerja, kita tidak perlu menuliskan kata pimpinan pada orang yg dituju. Contoh : Bapak/Ibu pimpinan

Hal ini dikarenakan tidak semua lamaran untuk kerja yang sampai pada suatu perusahaan akan diterima atau diseleksi langsung oleh pimpinan perusahaan tersebut, bisa jadi lamaran ini hanya diperiksa oleh staff HRD saja atau staff personalia, sehingga untuk mengurangi kesalahan sebaiknya cukup dituliskan Bapak/Ibu saja.

Diksi pada lamaran mencari kerja
Contoh penulisan diksi dalam lowongan kerja dengan baik & benar adalah sebagai berikut:
Dengan salam, (salah)
Dengan hormat, (benar)

Tanda baca pada lamaran mencari kerja
Saat menulis lamaran mencari kerja juga kita harus memperhatikan tanda baca, tidak hanya pada lamaran untuk kerja saja, surat-menyurat resmi & surat menyurat tugas juga membutuhkan penulisan tanda baca dengan baik & benar.

Contoh :
PT. Biogas Surabaya ( salah )
PT Biogas Surabaya ( contoh benar )

Pengertian Surat
Salah satu alat komunikasi yang saat ini masih digunakan & dianggap semakin formal yaitu surat. Surat-menyurat merupakan sarana dan bentuk komunikasi dimana biasanya digunakan untuk memberikan atau menyampaikan sebuah informasi dalam bentuk tertulis dari suatu pihak dan ditujukan kepada pihak lain. Fungsi surat-menyurat ini mencakup lima hal: sebagai sarana sebuah pemberitahuan atau memberikan informasi, sebuah permintaan, ide atau buah pikiran, & sebuah gagasan; sebagai alat bukti tertulis; alat pengingat; bukti dari historis; & pedoman dalam kerja.

Pada umumnya, kegiatan surat-menyurat membutuhkan perangko & amplop dimana perangko dan amplop ini berfungsi sebagai alat ganti bayar pada jasa pengiriman. Semakin jauh jarak tujuan dari pengiriman maka nilai yang tercantum pada perangko akan semakin besar juga.

Surat bentuk lamaran mencari kerja adalah surat dimana dibuat & dikirimkan oleh seseorang yang ingin bekerja di sebuah kantor, perusahaan ataupun instansi tertentu. Surat yang difungsikan sebagai lamaran pekerjaan termasuk surat dinas atau resmi. Oleh karena itu, terdapat aturan-aturan tertentu yang harus diperhatikan dalam penulisan lamaran ini. Secara umum surat memiliki bagian-bagian seperti berikut ini.
  • Tempat & tanggal lamaran mencari kerja dibuat
  • Lampiran dari lamaran
  • Hal atau perihal lamaran
  • Alamat atau tujuan (perusahaan/instansi pembuat lowongan kerja, penerima kerja, tempat lamaran dituju)
  • Salam pembuka
  • Isi dimana terbagi lagi menjadi tiga bagian pokok yaitu :
  • paragraf pembuka
  • isi surat lamaran
  • paragraf penutup
  • Salam penutup
  • Tanda tangan & nama terang orang yang menulis lamaran atau pencari kerja
Dari uraian & contoh membuat lamaran mencari kerja diatas, kami berharap kalian sudah mengerti & bisa membuat surat untuk lamaran kerja nantinya. Perlu diingat bahwa informasi kerja yang kalian dapatkan dari sebuah lowongan kerja harus diikuti, misalnya ada lowongan kerja yang mengharuskan kita untuk menulis surat dengan tulisan tangan sendiri.

Ada juga lowongan kerja yang mengharuskan surat yang masuk harus berbahasa inggris, atau ada juga lowongan kerja yang meminta agar surat ditulis dengan diketik untuk melihat kemampuan & kerapian kerja Anda dalam membuat surat. Semuanya tergantung dari informasi permintaan pada lowongan kerja yang kalian dapatkan.

Jangan lupa juga untuk menyertakan cv atau daftar riwayat hidup pada lamaran mencari kerja kalian untuk dikirimkan. Dikarenakan saat ini hampir setiap lowongan kerja pada perusahaan meminta data ini untuk melengkapi lamaran dalam mencari kerja yang dikirimkan.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.