Contoh Lingkungan Alam

Pernakah kalian berwisata ke daerah pantai atau sungai? Cukup indah bukan pemandangannya? Pemandangan alam yang indah ini seluruhnya ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Kita hidup dan tinggal di lingkungan kita dengan pemandangan alam yang indah semuanya merupakan ciptaan Tuhan.

Jika berbicara mengenai lingkungan, di bumi tempat kita berpijak ini terdapat dua macam tipe lingkungan yaitu lingkungan buatan dan alam. Pada postingan belajar kali ini, plengdut akan mengulas tentang artikel alam dan lingkungannya beserta contoh yang ada di alam ini. Sedangkan mengenai lingkungan hasil buatan manusia, akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Lingkungan-alam memiliki pengertian sebagai lingkungan yang tercipta tanpa adanya campur tangan manusia atau secara alami dan merupakan ciptaan Tuhan seperti yang telah diuraikan di atas. Contoh alam yang di ciptakan Tuhan ini seperti sungai, laut, alam pegunungan dan lain sebaginya. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak uraian contoh dari lingkungan alam ini:

1. Sungai
Contoh alam yang bukan hasil campur tangan manusia dan merupakan ciptaan Tuhan yaitu lingkungan Sungai. Sungai merupakan bentuk alam yang tercipta dari berbagai macam proses geologi di bumi dan berhubungan dengan proses-proses klimatologi serta proses ilmu lainnya di bumi ini.

Aliran air pada sungai berasal dari mata air di alam ini. Selain dari mata air alam, aliran sungai juga bisa berasal dari siklus-siklus hidrologi yang ada di bumi ini, coba kalian ingat kembali mengenai siklus terjadinya hujan, juga siklus pencairan es, kesemuanya saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya.
Sungai merupakan contoh dari lingkungan yang dibentuk oleh alam
Sungai merupakan contoh dari lingkungan yang dibentuk oleh alam
 Sebagai contoh pencairan es dikarenakan pemanasan global, es yang mencair ini akan mengalir ke tempat yang lebih rendah, sebagaian lagi akan terserap kedalam tanah dan menjadi air tanah yang nantinya mengisi sumber-sumber mata air. Pelepasan sumber mata air dari alam ini akan membentuk sebuah aliran sungai. 

Lingkungan sungai di alam sangat penting bagi habitat hewan dan tumbuhan yang hidup disekitarnya. Dari kehidupan habitan hewan dan tumbuhan serta unsur abiotik pada sungai inilah nantinya akan tercipta sebuah ekosiste alam sungai.

2. Hutan
Lingkungan hutan merupakan contoh dari alam ciptaan Tuhan selanjutnya. Hutan merupaka daerah atau kawasan alam dimana banyak ditumbuhi berbagai macam jenis pohon dan tumbuhan lainnya. Adanya hutan pada alam ini memiliki berbagai macamfungsi dan  manfaat.

Lingkungan hutan yang terbentuk di alam sebagai penampung karbondioksida
Lingkungan hutan yang terbentuk di alam sebagai penampung karbondioksida
Contoh fungsi hutan ini adalah sebagai biosfer bumi, lingkungan hutan juga merupakan tempat tinggal atau habitat dari berbagai macam hewan serta menjadi penampung karbondioksida terbesar. Mengapa hutan dikatakan sebagai penampung karbondioksida terbesar di alam?

Untuk menjawabnya, mari kita ingat kembali pelajaran biologi mengenai fotosintesis pada tumbuhan. Pada uraian diatas, telah dijelaskan bahwa lingkungan hutan terdiri dari berbagai macam pohon dan tumbuhan, umumnya di siang hari tumbuh-tumbuhan ini melakuakan proses fotosintesis dimana tumbuhan menyerap karbondioksida dan kemudian melepaskan kembali dalam bentuk oksigen atau O2. Jika kalian pernah duduk di bawah pohon pada waktu siang hari, pasti terasa sejuk bukan? Ini dikarenakan tumbuhan seperti pepohonan melepaskan oksigen di siang hari pada proses fotosintesis, sehingga kita akan terasa sejuk jika berteduh di sekitar lingkungan bawah pohon pada saat siang hari.

Itulah mengapa lingkungan hutan dikatakan sebagai penampung karbondioksida terbesar di alam ini. Coba kalian bayangkan apa yang terjadi jika seluruh hutan di alam ini ditebang habis? Sudah tentu tidak ada lagi yang akan menampung karbondioksida dan pastinya persediaan oksigen di alam yang kita hirup sehari-harinya akan menipis. Atau mungkin kita semua sudah tidak bisa bernafas lagi dikarenakan sudah tidak ada oksigen karena hutan sudah habis ditebang semua.

3. Danau
Contoh lingkungan berikutnya yang di hasilkan oleh alam yaitu Danau. Danau sendiri merupakan cekungan besar dimana cekungan ini menampung air tawar maupun air asin dan terakumulasi dalam waktu lama yang berasal dari mata air, aliran sungai, maupun gletser.

Lingkungan danau toba yang terbentuk dari peristiwa geologi di alam
Lingkungan danau toba yang terbentuk dari peristiwa geologi di alam
Di alam ini terdapat 7 macam jenis Danau berdasarkan proses terjadinya. 6 jenis Danau berasal dari proses geologi alam, sedangkan satu lagi akibat campur tangan manusia atau buatan. Jenis-jenis danau berdasarkan proses terbentuknya ini yaitu:

  1. danau tektonik yaitu danau yg terbentuk akibat penurunan muka bumi karena pergeseran / patahan
  2. danau vulkanik yaitu danau yg terbentuk akibat aktivitas vulkanisme / gunung berapi
  3. danau tektovulkanik yaitu danau yg terbentuk akibat percampuran aktivitas tektonisme dan vulkanisme
  4. danau bendungan alami yaitu danau yg terbentuk akibat lembah sungai terbendung oleh aliran lava saat erupsi terjadi
  5. danau karst yaitu danau yg terbentuk akibat pelarutan tanah kapur
  6. danau glasial yaitu danau yg terbentuk akibat mencairnya es / keringnya daerah es yg kemudian terisi air
  7. danau buatan yaitu danau yang terbentuk akibat aktivitas manusia (tidak termasuk dalam contoh dari lingkungan hasil alam)
Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Danau


Di Indonesia, terdapat berbagai macam danau hasil alam yang digunakan sebagai tempat rekreasi atau pariwisata, diantaranya danau toba, danau kalimutu, danau kawah ijen dan lain sebagainya.

4. Pantai
Contoh berikutnya dari lingkungan hasil alam yaitu pantai. Pantai merupakan garis pertemuan antara daratan daerah laut. Pantai ini di alam memiliki banyak fungsi penting. Pertama yaitu habitat terumbu karang yang ada di pantai akan berperan menjadi pemecah gelombang alami sehingga mengurangi atau mencegah terjadinya abrasi. Begitu juga denga habitat dari tumbuhan babakauan yang ada di pantai bisa menahan laju gelombang yang dapat menyebabkan abrasi.

Pantai juga merupakan salah satu lingkungan di alam yang paling digemari manusia untuk refreshing atau tempat berwisata. Beberapa negara, seperti Jerman dan Jepang, pantai yang memiliki gelombang besar biasanya digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga gelombang. Sehingga energi yang di olah dari alam ini lebih ramah lingkungan.
Daerah lingkungan pantai yang merupakan hasil alam
Daerah lingkungan pantai yang merupakan hasil alam

Habitat ikan, biota laut dan tumbuhan laut seperti rumput laut yang dihasilkan alam ini juga memiliki nilai ekonomis bagi penduduk yg ada disekitar lingkungan pantai ini. Sekarang coba kalian bayangkan jika lingkungan pantai kita ini tercemar oleh tangan-tangan kita! Sudah tentu akan merusak keseimbangan yg ada di alam ini, baik itu penggerusan daratan akibat rusaknya terumbu karang di daerah panatai maupun penebangan hutan bakau di lingkungan pantai.

Habitat tanaman bakau yang ada dipantai selain menjadi pemecah gelombang alami juga menjadi tempat tinggal berbagai macam biota laut serta berbagai macam jenis burung. Di daerah hutan bakau pantai inilah nantinya tercipta ekosistem alam hutan bakau di dalamnya.

5. Gunung
Gunung merupakan contoh dari lingkungan hasil alam berikutnya.  Gunung sendiri terbentuk oleh proses geologi yang terjadi di alam ini. Umumnya definisi gunung diartikan sebagai bentuk muka bumi yang menonjol keatas dan memiliki puncak.

Sedangkan perbedaan gunung dan bukit yaitu biasanya gunung memiliki ketinggian yang lebih tinggi dibandingkan dengan bukit. Kumpulan gunung yg berjejer atau berbaris di alam ini disebut sebagai daerah pegunungan. Di Indonesia, gunung yang paling tinggi yaitu puncak Jaya atau puncak Jayawijaya yg berada di Papua.

Contoh lingkungan pegunungan Jayawijaya di alam Papua
Contoh dari lingkungan pegunungan Jayawijaya di alam Papua
Di puncak gunung ini terdapat salju alam atau gletser yang biasa di sebut penduduk sekitar sebagai salju abadi. Dikatakan seperti itu karena puncak jayawijaya merupakan satu-satunya gunung di daerah tropis dimana lingkungan di sekitarnya memiliki salju diatasnya.

6. Air Terjun
Air terjun merupakan contoh dari lingkungan yang dicciptakan oleh alam berikutnya. Air terjun sebenarnya merupakan bentu dari aliran sunga yg deras, dimana pada jalur mengalirnya air terdapat formasi beda tinggi antara batuan yang satu dengan batuan yang lain.

Air terjun merupakan contoh lingkungan yang tercipta di alam
Air terjun merupakan contoh dari lingkungan yang tercipta di alam
Perbedaan tinggi batuan ini tercipta di alam secara alami. Masa air yang melewati jalur ini kemudian akan jatuh dan membentuk sebuah pemandangan dinding air indah dimana kita kenal sebagai air terjun.

Itulah tadi beberapa contoh pembahasan dari jenis lingkungan yang tercipta secara alamia di alam tanpa ada campur tangan manusia. Semoga artikel plengdut kali ini bisa membantu kalian dalam kegiatan belajar mengajar.