Jenis Dan Contoh Simbiosis

Pengertian simbiosis yaitu interaksi atau hubungan yang terjadi antara dua makhluk hidup atau organisme yang berdampingan dalam kehidupannya. Pengertian ini berasal dari bahasa istilah yunani yaitu sym dimana memiliki pengertian “dengan” serta kata biosis dimana memiliki pengertian “kehidupan”.

Simbion merupakan sebutan bagi organisme makhluk hidup yang melakukan simbiosis ini.

Berdasarkan jenis, maka simbiosis dapat dibedakan menjadi:
    Jenis Dan Contoh Simbiosis
  1. Parasitisme, bentuk simbiosis parasitisme memiliki pengertian jenis hubungan yang terjadi jika salah satu pihak organisme mendapatkan keuntungan, sedangkan yang lainnya mendapatkan kerugian atau bersifat parasit.  Contoh parasitisme; tumbuhan benalu dimana tanaman ini mengambil sari-sari makanan dari inangnya atau tumbuhan lain yang di tumpanginnya atau bersifat parasitisme. Contoh lain parasitisme yaitu Bunga raflesia, cacing tambang dan cacing perut, tumbuhan tali putri.
  2. Mutualisme, bentuk simbiosis mutualisme memiliki pengertian yaitu hubungan dimana terjadi keuntungan diantara kedua organisme makhluk hidup. Contoh dari simbiosis jenis mutualisme ini yaitu; Lebah yang mendapatkan nektar dari tanaman bunga sepatu, sementara lebah juga ikut membantu proses penyerbukan bunga sepatu yang berarti keduanya bersifat mutualisme atau saling menguntungkan. Contoh lain simbiosis dari mutualisme yaitu burung jalak dan kerbau, anemon laut dan clown fish atau ikan badut, kupu-kupu dan bunga.
  3. Komensalisme, bentuk simbiosis komensalisme memiliki pengertian hubungan dimana organisme yang satu mendapatkan keuntungan sedangkan organisme lainnya tidak diuntungkan maupun dirugikan. Contoh komensalisme ini yaitu; Ikan hiu dengan ikan remora, dimana ikan remora mendapatkan nutrisi atau makanan dari ikan hiu, sementara ikan hiu tidak diuntungkan maupun dirugikan dengan adanya ikan remora ini atau bisa dikatakan komensalisme. Contoh lain komensalisme yaitu tanaman mangga dan anggrek dimana tanaman anggrek menumpang pada pohon yang lebih besar namun tidak merugikan maupun menguntungkan pohon mangga tersebut atau bersifat komensalisme.
  4. Amensalisme, bentuk simbiosis jenis amensalisme memiliki pengertian hubungan organisme makhluk hidup dimana organisme yang satu dirugikan akan tetapi organisme lainnya tidak diuntungkan maupun dirugikan. Contoh dari simbiosis amensalisme yaitu;  Tumbuhan yang bersifat amensalisme yatiu wallnut, dimana tanaman yang berada disekitar pohon walnut biasanya akan mati dikarenakan pohon walnut dapat menghasilkan senyawa alelopati. Sementara pohon walnut tidak merasa diuntungkan maupun dirugikan pada hubungan simbiosis ini atau bisa dikatakan terjadi hubungan amensalisme.
  5. Kompetisi, bentuk simbiosis jenis kompetisi memiliki pengertian hubungan organisme makhluk hidup dimana kedua-duanya saling merugikan antara satu dengan yang lainnya. Kompetisi ini biasanya terjadi pada persaingan dalam makanan maupu wilayah. Pada kompetisi ini digolongkan lagi menjadi 2 bagian yaitu kompetisi interspesifik atau antar organisma yang masih dalam spesies se jenis dan kompetisi intraspesifik atau pada organisme yang berbeda spesies. Contoh pada simbiosis kompetisi pada interspesifik  yang terjadi antara sapi dan kambing di padang rumput dalam memperebutkan makanan. Contoh contoh lainnya pada singa jantan yang memperebutkan daerah wilayah kekuasaan.
  6. Netralisme, hubungan simbiosis jenis netralisme memiliki pengertian hubungan dimana kedua organisme makhluk hidup tidak saling dirugikan maupun diuntungkan atau bersifat netralisme. Contoh netralisme ini yaitu pada burung hantu dan kambing dimana keduanya bersifat netral atau netralisme tanpa merugikan maupun menguntungkan yang lainnya.

2 comments:

  1. Penawaran Paid Review untuk Blog http://www.plengdut.com/
    Hallo,

    Saya Soffian dari UrbanIndo.com situs jual beli properti No. 1 di Indonesia. Dari sekian banyak blog yang pernah saya kunjungi, blog Anda adalah salah satu blog yang membuat saya tertarik untuk berkunjung dan membaca setiap konten yang ada pada blog Anda.
    Saat ini kami sedang mencari blogger yang mempunyai blog berkualitas tinggi seperti blog, dengan ini kami mengajak Anda untuk bekerja sama dengan kami untuk melakukan paid to review. Kami akan sangat senang sekali jika Anda tertarik.
    Jika Berminat silahkan mengirimkan email ke :soffian@urbanindo.com

    Salam

    Soffian

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih untuk penawarannya, tapi untuk sementara waktu slot iklan di situs ini sangat kami batasin, sehingga kami tidak bisa menerima iklan baru lagi. :)

      Delete

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.