10/17/2015

Era Mesozoikum

Setelah era paleozoikum berakhir, maka skala waktu geologi memasuki era berikutnya yaitu mesozoikum. Zaman mesozoikum juga dikenal dengan masa Dinosaurus dimana pada mesozoikum ini populasinya meningkat dan mendominasi kehidupan zaman ini.

Jika pada zaman paleozoikum terdapat 6 periode yaitu Kambrium, Ordovisium, Silur, Devon, Karbon dan Perm, maka mesozoikum hanya terdapat 3 periode yaitu periode Trias, Jura dan Kapur atau yang dikenal dengan Cretaceous. Abad pertengahan merupakan nama lain dari mesozoikum dimana terdiri dari dua suku kata yaitu meso yang berarti hewan dan zoon yang berarti pertengahan (hewan pertengahan).
Ilustrasi Lingkungan Mesozoikum Fauna
Ilustrasi Lingkungan Mesozoikum Fauna
Zaman ini dalam skala waktu geologi berlangsung selama kurang lebih 180 juta tahun silam, dimana berada di tengah 251-65 juta tahun silam. Dikatakan masa pertengahan dikarenakan mesozoikum berada tepat diantara paleozoikum dam kenozoikum yang ketiganya merupakan era dari eon Fanerozoikum.

Pada masa ini, benua benua yang ada mulai mengalami pergeseran secara perlahan dan menjadi satu antara satu dengan lainnya sehingga menyerupai keadaan benua saat ini. Iklim Mesozoikum relatif hangat dan berangsung sepanjang era ini sehingga memungkinkan terjadinya evolusi dari hewan-hewan di masa ini dan membentuk spesies baru. Evolusi, iklim dan aktivitas tektonik menjadi tanda awal mesozoikum.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.