Gerak: Perbedaan Translasi Dan Perbedaan Rotasi

Plengdut.com kali ini akan mengulas mengenai artikel tentang gerak dalam bentuk translasi serta rotasi yang ada pada pelajaran fisika beserta perbedaan gerak tersebut. Di dalam fisika, gerak bisa diartikan sebagai perubahan dari posisi pada suatu benda dari kedudukan awalnya yang mengacu pada suatu titik pengukuran tertentu.

Jika dilihat dari lintasannya, maka gerakan pada fisika bisa di kelompokkan dalam dua jenis yaitu gerakan translasi atau bergeser dan gerakan rotasi atau melingkar. Lalu apa perbedaan perbedaan kedua gerakan ini? Untuk mengetahui perbedaan perbedaan pada gerakan ini, mari kita simak pengertian masing-masing berikut ini;

Translasi sendiri dapat diartikan sebagai gerakan berpindahnya benda dengan cara bergeser atau seluruh bidang benda yang menempel pada permukaan lintasan tersebut ikut berpindah tempat. Sebagai contoh yaitu gerakan dari balok yang di letakkan pada lintasan miring.
Gerakan translasi pada perpindahan balok
Gerakan translasi pada perpindahan balok

Sedangkan rotasi yaitu gerakan berputar pada suatu benda dimana perputarannya bertumpu pada suatu sumbu putar. Salah satu perbedaan gerakan ini dengan translasi yaitu pada translasi seluruh benda ikut berpindah tempat, sedangkan gerakan hanya bertumpu pada suatu titik. Sebagai contoh yaitu gerakan pada jarum kompas, dimana perputaran geraknya bertumpu pada satu titik.
Gerakan berputar pada sumbu jarum kompas
Gerakan berputar pada sumbu jarum kompas
Apa yang menyebabkan suatu benda mengalami gerak translasi dan gerak rotasi? Penyebab suatu benda mengalami gerakan translasi karena adanya gaya yang bekerja pada benda tersebut. Sedangkan perbedaan penyebab suatu benda mengalami gerakan rotasi karena adanya momen gaya (torsi) yang bekerja pada benda tersebut.