10/23/2015

Kenozoikum: Kwarter

Jaman kwarter pada era kenozoikum terdiri dari dua kala, yaitu Plistosen dan kala Holosen. Kala plistosen mulai sekitar 1,8 juta tahun yang lalu dan berakhir pada 10000 tahun yang lalu. Kemudian diikuti oleh kala holosen yang berlangsung sampai sekarang. Pada kala plistosen paling sedikit terjadi 5 kali jaman es atau zaman glasial. 

Pada jaman glasial sebagian besar Eropa, Amerika Utara dan Asia bagian utara ditutupi es, begitu pula dengan pegunungan Alpen, pegunungan Cherpatia dan pegunungan Himalaya. Diantara empat jaman es ini terdapat jaman Intra Glasial, dimana iklim bumi lebih hangat. Manusia purba jawa atau Homo erectus yang dulu disebut Pithecantropus erectus muncul pada kala Plistosen. Manusia modern yang mempunyai peradaban baru muncul pada kala Holosen. Flora dan fauna yang hidup pada kala plistosen sangat mirip dengan flora dan fauna yang hidup sekarang.

Kehidupan pada kala pleistosen
Kehidupan pada kala pleistosen

Kehidupan pada kala holosen
Kehidupan pada kala holosen

Gambar Skala Waktu Geologi
Gambar Skala Waktu Geologi

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.