10/15/2015

Mesozoikum: Jura

Setelah periode trias berakhir pada era mesozoikum, maka periode selanjutnya dilanjutkan dengan periode Jura. Pada zaman jura ini, di lingkungan laut maupun darata banyak terdapat fosil Amonit dan Belemnit sangat umum. Jumlah reptilia meningkat di jaman jura ini. Daratan dikuasai oleh dinosaurus, pemangsa nomor satu di lautan yaitu Ichtiyosaurus dan di udara dikuasai oleh spesies Pterosaurus.

Pada masa ini, dinosaurus tumbuh dengan ukuran yang luar biasa. Burung sejati pertama yaitu Archeopterya berevolusi dan banyak jenis buaya berkembang. Tumbuhan konifer menjadi umum, sementara Bennefit dan Sequola melimpah pada waktu ini. Pangea era mesozoikum terpecah dimana Amerika utara memisahkan diri dari Afrika sedangkan Amerika Selatan melepaskan diri dari Antartika dan Australia.
Fossil Ichthyosaurus intermedius pada masa Jura
Fossil Ichthyosaurus intermedius pada masa Jura

Fosil Zaman Jura Karaurus sharovi
Fosil Zaman waktu Jura Karaurus sharovi

Diplodocus fosil periode jura
Diplodocus fosil periode jura

Jenis kehidupan:
  • Golongan invertebrata: Coelenterata, Porifera, Echinodermata dan Mollusca
  • Golongan vertebrata: kelompok dinosaurus seperti Brontosaurus, Stegosaurus
  • Munculnya golongan burung Archeopteryx merupakan salah satu perkembangan kehidupan yang nyata pada jaman jura dimana dijaman sebelumnya belum pernah ada.
Perieode lainnya di era mesozoikum :
  1. Mesozoium Trias
  2. Mesozoikum Kapur

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.