10/16/2015

Mesozoikum: Kapur Cretaceous

Periode kapur merupakan akhir masa mesozoikum. Jaman kapur lebih dikenal sebagai zaman Cretaceous yang berarti kapur. Jenis-jenis yang menandai zaman kapur antara lain anggota filum protozoa khususnya ordo foraminifera, filum coelenterata, filum mollusca dan filum arthropoda.

Disamping itu terdapat pula perkembangan dari golongan vertebrata. Perkembangan jenis fauna diimbangi pula dengan perkembangan jeni flora. Pada jaman ini mulai terlihat dengan nyata perkembangan dari jens Angiosperm yang merupakan golongan tumbuhan tingkat tinggi dan telah mempunyai bunga. Banyak dinosaurus raksasa dan reptil terbang hidup pada zaman ini. 
Fossil periode kapur Zuniceratops

Fosil Triceratops pada jaman kapur

Lingkungan kehidupan pada periode kapur

Mamalia berari-ari muncul pertama kalinya. Pada zaman ini Dinosaurus, Ichtiyosaurus, Pterosaurus, Plesiosaurus, Amonit dan Belemnit punah. Mamalia dan tumbuhan berbunga mulai berkembang menjadi banyak bentuk yang berlainan. Iklim sedang mulai muncul. India terlepas jauh dari Afrika dan menuju Asia.

Periode Era Mesozoikum Lainnya:

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.