10/10/2015

Paleozoikum: Kambrium

Kambrium merupakan masa waktu zaman paleozoikum, dimana berasal dari kata "cambria" nama latin untuk daerah Wales, yang merupakan lokasi dimana batuan berumur kambrium pertama kalinya dipelajari. Banyak hewan invertebrata mulai muncul pada zaman kambrium. Hampir seluruh kehidupan kambrium berada di lautan.

Hewan Kambrium
Hewan zaman ini mempunyai kerangka luar dan cangkang sebagai pelindung. Fosil kambrium yang umum dijumpai dan penyebarannya luas adalah, Alga, Cacing, Sepon, Koral, Moluska, Ecinodermata, Brakiopoda dan Artropoda (Trilobit).

Kehidupan Organisme Kambrium dan Pergerakan Lempeng Kambrium
Sebuah daratan yang disebut Gondwana (sebelumnya pannotia) merupakan cikal bakal Antartika, Afrika, India, Australia, sebagian Asia dan Amerika Selatan. Sedangkan Eropa, Amerika Utara, dan Tanah Hijau masih berupa benua-benua kecil yang terpisah. Pada endapan kambrium dijumpai banyak fosil sehingga memberikan gambaran yang lebih lengkap mengenai kehidupan kambrium. Kehidupannya masih terbatas pada kehidupan lingkungan air terutama kehidupan laut.

Jenis kehidupan dimasa kambrium ini yaitu:
  1. Archeocyatha: termasuk filum porifera, hidup di lingkungan laut, dan dapat membentuk endapan gamping yang cukup tebal.
  2. Trilobita: termasuk filum arthropoda
  3. Brachiopoda, Mollusca
Fosil-fosil yang mewakili jaman kambrium : (a-c) trilobite, (d-f) brachiopoda, (g) hyolithid, (h,i) moluska, (j-l) echinodermata, dan (m-n) archeocyathid. (Sumber; Allison R.Palmer in Lapedes 1978)
Fosil-fosil paleozoikum yang mewakili jaman kambrium : (a-c) trilobite, (d-f) brachiopoda, (g) hyolithid, (h,i) moluska, (j-l) echinodermata, dan (m-n) archeocyathid. (Sumber; Allison R.Palmer in Lapedes 1978)
Periode Kambrium:
  • Awal era Paleozoikum
  • Kambrium dimulai pada akhir dari eon proterozoikum: kira-kira 542±1,0 juta tahun lalu
  • Kambrium Berakhir pada 488,3±1,7 jt tahun lalu (awal Ordovisium)
Periode Lainnya Era Paleozoikum;
5. Paleozoikum Perm


Ilustrasi periode dari umur tertua sebelah kanan ke umur termuda sebelah kiri
Ilustrasi periode dari umur tertua sebelah kanan ke umur termuda sebelah kiri


0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.