Jelaskan dan Sebutkan 5 (Lima) Ciri-ciri Wirausaha?

Ciri dari wirausahawan atau orang dimana memiliki jiwa wirausaha yang utama yaitu mampu untuk membuat kekuatan sendiri untuk menjadi lebih produktif sehingga nantinya dapat memberikan manfaat untuk dirinya maupun orang lain di sekitarnya. Sebagai seorang wirausaha harus mampu menggunakan kekuatan yang ada misalnya kekuatan dari bawahan, kekuatan dari diri sendiri, kekuatan dari lingkungan kerja maupun dari rekan kerja.

Ciri wirausaha 


Dari urain pada paragraf pertama pada postingan plengdut tentang wirausaha ini, maka dapat dijabarkan ciri orang dengan kemampuan wirausaha diantaranya adalah seperti pada point-point dibawah ini:

  • Memiliki ciri keberanian dalam mengambil segala resiko saat menjalankan badan usahanya, demi meraih keuntungan dimana merupakan hasil dari karyanya. 
  • Memiliki imajinasi, daya kreasi serta kemamuan tinggi dalam menyesuaikan diri dengan keadaan sekitarnya. 
  • Memiliki kemauan serta semangat dalam mengatasi segala bentuk kesulitan yang dihadapinya dalam menjalankan usahanya. 
  • Penghematan biaya serta efisiensi merupakan hal yang diutamakan seorang wirausaha. 
  • Memiliki kemampuan dalam menarik bawahan serta rekan-rekan usaha yang memiliki kemampuan tinggi. 
  • Memiliki analisis tepat, metodologis serta sistematis. 
  • Seseorang dengan ciri skill wirausaha harus membuang sifat konsumtif atau bisa dikatakan tidak konsumtif dikarenakan segala macam bentuk keuntungan yang di dapat akan ditanamkan kembali sebagai modal baik itu guna keperluan usaha yang sudah ada atau yang sedang dijalankan maupun dalam mengembangkan sayapnya untuk membuka usaha-usaha baru. 
  • Mempunyai penglihatan atau kemampuan yang tinggi dalam melihat maupun memanfaatkan kesempatan/peluang yang ada dengan membawa teknik-teknik inovasi baru serta mengorganisasi usahanya secara efisien & efektif. 
Dari 8 ciri tadi tentunya kalian sudah bisa menjawab 5 ciri yang ditanyakan pada judul postingan ini mengenai wirausaha.

Ciri Bygrave 


Sementara itu ada pendapat berbeda mengenai karakteristik maupun ciri-ciri wirausahawan yang disampaikan oleh Bygrave. Karakteristik wirausaha ala Bygrave ini adalah dikenal dengan istilah 10D yang meliputi:
Wirausahawan sukses ciri wirausaha


  • Visi ke depan atau Dream adalah seorang yang menggeluti wirausaha harus memiliki visi (pandangan) masa depan guna meningkatkan serta mengembangkan badan usaha dan juga memiliki kemampuan dalam mewujudkan visi-visinya tersebut. 
  • Keputusan dengan cepat atau Decisivenes adalah wirausaha harus memiliki kemampuan dalam bekerja cepat untuk menghasilkan sesuatu. Orang yang menekuni bidang wirausah juga mampu membuat keputusan yang cepat, penuh perhitungan dan tepat untuk usahanya agar memperoleh keberhasilan dalam mengembangkan usaha yang dijalankannya. 
  • Melaksanakan keputusan atau Doers adalah bentuk tindak lanjut dari keputusan yang diambil wirausaha. Setelah mengambil keputusan maka wirausaha harus secepat mungkin menindaklanjuti keputusan tersebut dengan perhitungan yang akurat. Wirausahawan tidak akan menunda peluang kesempatan yang ada dalam menjalankan usaha atau bisnisnya. 
  • Penentuan (kebulatan tekad) atau Determination adalah kesungguhan wirausaha dalam menjalankan aktivitasnya dengan rasa tanggung jawab, penuh perhatian, serta tidak mudah putus asa atau menyerah walaupun usaha bisnis yang dijalankannya dihadapkan pada halangan serta rintangan yang mustahil untuk dihadapinya. 
  • Pengabdian atau Dedication adalah sifat wirausaha dalam mengutamakan pekerjaan atau menjalankan bisnisnya dengan fokus yang tinggi sehingga kadang kala akan mengorbankan kepentingan pada keluarga untuk sementara waktu. Wirausaha sejati akan melaksanakan pekerjaannya tanpa kenal lelah dan bosan serta semua perhatiannya akan dipusatkan untuk aktivitas kegiatan dalam bisnisnya. 
  • Mencintai pekerjaan atau Devotion adalah keuletan wirausaha sebagai bentuk cinta akan pekerjaannya serta produk-produk yang dihasilkannya. Devotion ini merupakan salah satu hal yang mampu mendorong keberhasilan efektif dalam melakukan penjualan produk. 
  • Dapat merinci atau Details adalah ketelitian wirausaha pada faktor-faktor yang sangat rinci terhadap apa yang terjadi selama menjalankan kegiatan usahanya. Wirausaha akan mengabaikan faktor-faktor kecil yang mampu menghambat aktivitas bisnisnya. 
  • Tanggung jawab atas nasib usahanya atau Destiny adalah bentuk tanggung jawab terhadap tujuan serta nasib yang akan dicapainya. Biasanya wirausahawan tidak mau bergantung pada orang lain demi kemajuan bisnisnya. 
  • Kekayaan atau Dollars adalah kekayaan yang di capai bukanlah hal utama yang dibutuhkan. Wirausaha berasumsi bahwa kekayaan hanya bentuk uang untuk pribadi atau perorangan saja, sedangkan untuk usaha lebih dikenal mereka sebagai laba atau bonus atau hadiah dari hasil jerih payah usaha yang dijalankan sehingga usahanya semakin kokoh dan berkembang. Memperkaya diri sendiri dalam suatu usaha tanpa memperhatikan kesehatan usaha yang dijalankan merupakan langkah awal kehancuran usaha tersebut. 
  • Distribusi atau Distribute adalah kepercayaan wirausaha untuk mendistribusikan kepemilikan bisnisnya kepada orang-orang kepercayaannya, yaitu orang-orang yang kritis serta mau untuk diajak mencapai kesuksesan dalam menjalankan bisnis.