Apa itu VoLTE, Dan Bagaimana Fungsi VoLTE?

VoLTE atau Voice over LTE adalah teknologi dalam bentuk layanan suara atau voice dengan memanfaatkan 4G LTE (Long Term Evolution). VoLTE sendiri mempunyai fungsi yang sama dengan layanan voice/suara lainnya seperti yang sudah ada pada 3G dan juga 4G. Hanya saja yang menjadi perbedaan layanan bentuk suara VoLTE dengan layanan-layanan yang pernah ada pada 4G serta 3G adalah kejernihan pada suaranya. 

Selain itu data yang dikumpulkan plengdut menjelaskan bahwa VoLTE juga memiliki waktu sambung dimana lebih cepat ke nomor tujuan jika dibandingkan dengan layanan suara terdahulu. Layanan VoLTE ini juga sudah teintegrasi dengan komunikasi yang berbasis video. Menurut Munir S Prabowo yang merupakan Smartfren Head of Network Special Project menjelaskan bahwa panggilan pada telepon yang menggunakan VoLTE jauh lebih baik dengan voice call menggunakan 3G. 

Layanan VoLTE dimana digadang-gadang lebih baik ketimbang 3G
Layanan VoLTE dimana digadang-gadang lebih baik ketimbang 3G 


HD atau high definition kualitas suara akan dihasilkan VoLTE dikarenkan kemampuannya dalam komunikasi suara dimana melewati jalur bentuk data. Video VoLTE call juga nantinya akan melewati jalur data yang sama sehingga akan memberikan efisiensi yang tinggi antara suara dan tampilan video call. Berbeda dengan layanan terdahulunya yaitu 3G dimana layanan 3G menggunakan jalur voice untuk suara dan videonya melewati jalur bentuk data dimana menyebabkan efisiensinya sangat buruk dibandingkan dengan VoLTE. 

Jadi secara sederhana bisa dikatakan bahwa VoLTE menggunakan satu jalur yang sama untuk video maupun suara, sedangkan 3G menggunakan 2 jalur dimana berbeda untuk suara dan video. Sehingga teknologi 3G akan mengakibatkan gadget ponsel kita akan bekerja lebih keras lagi sehingga mempercepat waktu pemakaian baterai atau boros baterai. 

IMS atau IP Multimedia Subsystem dimana merupakan sistem pada teknologi LTE merupakan sistem yang mampu mendistribusikan perangkat layanan multimedia juga termasuk juga layanan video call VoLTE. Tampilan dan suara video dimana melalui IMS hasilnya juga akan lebih baik. Sedangkan layanan video call dimana ada pada Skype, WhatsApp, Line atau biasa disebut layanan dimana berbasis OTT atau over the top belum meneapkan sisitem melewati IMS ini. Sehingga gambar video dan suara yang diterima user kualitasnya akan tidak maksimal. 

Di tahun 2016, teknologi call-video VoLTE ini rencananya akan masuk ke tanah air kita Indonesia untuk pertama kalinya yang akan diusung oleh smartfren. Tertarik dengan layanan ini, yuk kita tunggu kedatangannya.