Apa Sektor Formal Pada Wirausaha?

Sektor formal wirausaha adalah segala macam bentuk aktivitas maupun kegiatan dalam usaha wirausaha dimana dikelola sedemikian rupa sehingga aktivitas kegiatannya bersifat tetap atau dapat dikatakan menjadi tumpuan harapan bagi pengelola.

industri merupakan sektor ekonomi formal
industri merupakan sektor ekonomi formal


Sektor-sektor ekonomi formal yang dapat diusahakan wirausaha diantaranya yaitu:


  • Sektor industri dimana meliputi industri kecil, besar, menengah, sektor kerajinan, dan juga industri sektor pariwisata.
  • Sektor perdagangan, merupakan bentuk formal sektor yang bisa digunakan sebagai wirausaha baik itu perdagangan dalam negeri maupun perdagangan luar negeri, pedagang kecil, pedagang besar, pedagang menengah, maupun pedagang internasional.
  • Sektor jasa serta sektor transportasi meliputi wirausaha asuransi, wirausaha travel pariwisata atau biro jasa, wirausaha restoran dan hotel, sektor pedagang perantara, wirausaha angkot, pemberi kredit atau perbankan, pergudangan, koperasi, perbengkelan, tata busana, dan lain-lain.
  • Sektor agraris meliputi peternakan, perikanan, sektor kehutanan, perkebunan, serta pertanian.
  • Sektor pertambangan dan sektor energi meliputi bidang formal sektor minyak bumi dan gas alam yang ada.
  • Sektor usaha lainnya dimana sektor ini biasanya memiliki bentuk perusahaan dengan berbadan hukum maupun tidak memiliki badan hukum.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.