9/04/2019

Apa yang dimaksud dengan uang dan Jelaskan tahap-tahap dalam perkembangan uang?

Uang didefinisikan sebagai alat pertukaran (medium of exchange), yaitu suatu barang atau bentuk dengan kekayaan riil (tangible asset) yang secara umum diterima sebagai pembayaran. Uang juga juga berfungsi sebagai penyimpan nilai dan alat pengukur (medium of account).

Tahap perkembangan uang yaitu sebelum perdagangan barter, perdagangan barter, tahap uang logam, dan tahap uang kertas.

Ekonomi moneter merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang khusus yang dimaksud mempelajari tentang sifat, fungsi dan pengaruh uang terhadap kegiatan ekonomi.
Ekonomi moneter merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang khusus yang dimaksud mempelajari tentang sifat, fungsi dan pengaruh uang terhadap kegiatan ekonomi.

Beberapa alasan yang dapat dikemukakan dalam mempelajari ekonomi moneter adalah pemahaman secara mendalam tentang mekanisme penciptaan uang, tingkat bunga, dengan pasar uang, sistem apa dan kebijakan moneter, serta pembayaran internasional.

Uang yang kita kenal sekarang ini sudah mengalami proses perkembangan yang sangat panjang. Setidaknya terdapat lima tahapan yang dalam sejarah perkembangan uang yaitu tahap sebelum perdagangan barter, dengan perdagangan barter, tahap penggunaan uang barang, tahap penggunaan uang logam, dan tahap penggunaan uang kertas.

Perkembangan uang mulai banyak digunakan dalam masyarakat. Penggunaan uang oleh masyarakat karena uang memiliki empat fungsi yaitu uang sebagai alat tukar-menukar (dimaksud medium of exchange), uang sebagai satuan nilai (dimaksud measure of value), dan uang sebagai standar atau apa yang disebut ukuran pembayaran yang tertunda (dimaksud standard for deferred payments) dan fungsi uang sebagai alat penyimpan nilai dan kekayaan (dimaksud store of value dan store of wealth),

Beberapa syarat uang antara lain; uang diterima secara umum (dimaksud dengan acceptability), memiliki nilai yang cenderung stabil (stability of value), ringan dan mudah dibawa (dimaksud portability), bersifat tahan lama dengan tidak mudah rusak, dan memiliki kualitas yang cenderung sama.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.