9/05/2019

Biologi: Berbagai Sifat Umum Semua Bentuk Kehidupan

Dalam mendefinisikan biologi sebagai ilmu studi mengenai kehidupan ini, maka sering timbul berbagai pertanyaan seperti: Apakah kehidupan itu? Bagaimana kita menjelaskan perbedaan antara makhluk hidup dengan benda mati? Terdengar cukup mudah jika kita memberika contoh umum bentuk dari makhluk yang hidup dengan yang tidak hidup. Bahkan anak kecil pun tahu bahwa bunga dan serangga merupakan makhluk hidup sedangkan batu dan air bukanlah makhluk hidup. Akan tetapi bagaimana cara menjelaskan antara benda mati dan ciri makhluk hidup tadi?

Anak-anak sama halnya seperti kita semua yang mengenali kehidupan terutama dengan apa yang makhluk hidup sering lakukan. Secara umum ada 7 sifat maupun proses yang sering kali kita kaitkan dengan organisme hidup seperti dijelaskan melalui gambar berikut ini:

Beberapa sifat penting dan umum dari kehidupan
Beberapa sifat penting dan umum dari kehidupan

Proses & sifat makhluk hidup

  1. Susunan (order), sebagai ilustrasi digambarkan susunan struktur dari bunga matahari yang sangat kompleks. Gambaran struktur susunan kompleks bunga matahari tadi sama dengan susunan organisasi struktur sel hidup yang ada dalam tubuh kita dimana memiliki kompleksitas yang rumit.
  2. Reproduksi, segala bentuk organisme hidup akan bereproduksi untuk melanjuktakan keturunannnya. Sebagai contoh digambarkan seekor pinguin yang selalu menjaga bayi pinguin karena merupakan penerus keturunannya dalam hal reproduksi ini.
  3. Tumbuh dan berkembang, jika berbicara tentang biologi sudah tentu tidak akan lepas dari pertumbuhan serta perkembangan makhluk hidup. Semua makhluk hidup pasti akan tumbuh dan makhluk hidup juga akan berkembang. Informasi genetik yang terdapat dalam DNA akan mengontrol pola pertumbuhan & perkembangan organisme seperti di ilustrasikan dengan gambar buaya yang baru saja menetas.
  4. Proses energi, ketika seekor beruang memakan tangkapannya dalam hal ini seekor ikan, maka beruang tersebut akan memanfaatkan energi kimia yang tersimpan dalam tubuh ikan untuk memberikan tenaga dalam dirinya saat melakukan aktivitas maupun saat tubuh beruang melakukan proses reaksi-reaksi kimia lainnya.
  5. Respon terhadap lingkungan, hampir semua organisme yang hidup di bumi ini memiliki respon terhadap perubahan maupun gangguan dalam lingkungannya. Sebagai contoh yaitu tumbuhan pemakan serangga venus yang terlihat di gambar atas sedang menutup kelopaknya sebagai respon bahwa ada hewan lain yang sedang berdiri di kelopaknya.
  6. Pengaturan, mekanisme pengaturan dalam tubuh organisme membantu menjaga kondisi tubuh organisme tersebut untuk tetap hidup di habitat lingkungan yang ditempatinya. Sebagai contoh yaitu perilaku lemur yang lebih suka berjemur di pagi hari guna menaikan suhu tubuhnya agar tetap hangat di lingkungan yang dingin.
  7. Evolusi dan adaptasi, bentuk adaptasi seperti pada serangga tonggeret daun (katydid) dimana memiliki penampilan unik menyerupai daun sebagai bentuk kamuflase dari serangan predator dan merupakan cara terbaik dalam meneruskan jenisnya agar tidak punah.

Dari gambar-gambar tadi, maka meningatkan kita bahwa variasi kehidupan di dunia ini sangatlah banyak. Terutama dalam konsep evolusi organisme yang diperkirakan akan bertambah setiap tahunnya dalam keragaman spesies bervariasi karena faktor adaptasi terhadap perubahan lingkungan yang ada.

Lalu bagaimana para ahli biologi memahami keragaman kehidupan tersebut, bagaimana juga cara kita memahami biologi yang akan terus berkembang ini. Salah satu cara mempelajari biologi ini dengan mengatur semua informasi dan menghubungkannya dengan yang kita pelajari selama ini menjadi satu tema dalam sebuah studi baik itu berupa korelasi struktur dan fungsi, dasar-dasar sel dan lainnya. Para ahli pun hingga saat ini melakukan fokus pengamatan biologi ke arah bentuk evolusi untuk mempelajari sifat interaksi organisme maupun susunan struktur dari kehidupan hewan maupun kehidupan tumbuhan yang berevolusi tadi.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.