BPUPKI Dibentuk Pada Tanggal?

Alasan & Tanggal Awal Dibentuk

Pada tanggal 01 Maret 1945 dibentuk BPUPKI yang diumumkan langsung oleh komandan pasukan Jepang untuk daerah Jawa yaitu Jendral Kumakichi Harada. BPUPKI merupakan singkatan kata dari "Badan Penyelidikan Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia" atau dalam bahasa jepang dienal dengan "Dokuritsu Junbi Cosakai".

BPUPKI dibentuk oleh pemerintahan Jepang pada tanggal itu dengan mempertimbangkan beberapa alasan penting. Salah satunya yaitu faktor kekalahan tentara Jepang terhadap sekutu yang terjadi dimana-mana pada era Perang Dunia II di akhir 1944. Daerah maupun wilayah dudukan Jepang pada saat itu banyak yang jatuh direbut pasukan sekutu.

Karena Jepang merasakan bahwa pasukan tempurnya sudah tidak mampu mengimbangi gempuran tentara sekutu, akhirnya Jepang memberikan janji berupa kemerdekaan kepada bangsa Indonesia dengan syarat tidak akan melawan balik kepada pasukan Jepang dan ikut serta membantu Jepang melawan sekutu. Dari berbagai macam usaha yang dilakukan Jepang untuk Indonesia agar mau percaya dengan perjanjian ini, akhirnya dibentuk BPUPKI.

Awal dibentuk atau pembentukan BPUPKI
Awal dibentuk atau pembentukan BPUPKI


Tanggal Peresmian Anggota

Berlokasi di Pejambon tepatnya pada gedung Cuo Sangi In (saat ini menjadi gedung kantor Departemen Luar Negeri) diresmikan dan dibentuk acara pengangkatan dari anggota BPUPKI pada tanggal 28 bulan April 1945.

dr. Radjiman Wedyodiningrat (menjabat sebagai BPUPKI Ketua pada saat awal dibentuk)
dr. Radjiman Wedyodiningrat (menjabat sebagai BPUPKI Ketua pada saat awal dibentuk) 


Di tanggal ini Jepang menunjuk pemimpin ketua BPUPKI yaitu dr. Radjiman Wedyodiningrat dan wakil BPUPKI yaitu Icibangase dari pihak Jepang, dan sekretaris BPUPKI yaitu R.P. Soeroso. Saat itu jumlah anggota dari BPUPKI sebanyak 63 orang dengan perwakilan dari masing-masing wilayah bagian daerah di Indonesia dan penambahan 7 orang anggota tanpa adanya hak suara.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.

Note: Only a member of this blog may post a comment.