9/06/2019

Cara & Contoh Menulis Macam-macam Jenis Pola Eksposisi Dalam Bentuk Paragraf Teks

Teks Eksposisi (ekspositori teks atau paparan teks) adalah paragraf karangan berisi paparan, uraian serta penjelasan mengenai suatu hal maupun suatu topik yang bertujuan memberikan informasi maupun pengetahuan bagi pembaca. Biasanya sebagai pendukung teks paparan ini akan disertakan juga sejumlah fakta maupun data dari topik yang sedang dibahas dalam paragraf. Lalu ada berapa macam tipe/jenis teks eksposisi ini? Untuk menjawabnya silahkan simak pembahasan plengdut berikut ini:


Jenis & Macam Teks Eksposisi

Dalam ilmu pelajaran bahasa Indonesia, teks eksposisi hanya memiliki jenis teks sebanyak 2 macam saja. Yang pertama yaitu teks eksposisi pengembangan proses dan teks eksposisi pola ilustrasi.

Sedangkan dari beberapa artikel di internet ada yang menyebutkan bahwa macam teks eksposisi banyak jenisnya sehingga membuat pemahaman dan pengertian kita mengenai teks eksposisi menjadi rancu. Sekarang mari kita bahas kedua jenis teks eksposisi tadi agar kita semakin paham dengan gaya teks bacaan yang satu ini.


Teks Eksposisi Proses

Teks Eksposisi jenis proses adalah bentuk paragraf yang menjelaskan cara kerja maupun bagaimana sesuatu hal terjadi yang pemaparannya disampaikan dengan cara sistematis. Ada beberapa metode yang digunakan dalam pengembangan proses pola teks eksposisi paragraf ini, yaitu:

Metode teks eksposisi jenis proses

  1. metode identifikasi
  2. metode perbandingan
  3. metode eksemplifikasi (ilustrasi)
  4. metode klasifikasi
  5. metode definisi
  6. metode analisis dimana meliputi; analisis kausal, analisis proses, analisis fungsional, serta analisis bagian


teks eksposisi ilustrasi dan proses
Tulisan berita merupakan contoh teks eksposisi yang sering kita temukan sehari-hari.


Metode metode tersebut biasanya digunakan dalam menjelaskan proses teks dari topik yang sedang dibahas. Sedangkan jenis bentuk paragraf proses teks eksposisi bisa dikenali dengan memperhatikan ciri-ciri berikut ini;


Ciri teks eksposisi tipe proses

  • yang dipaparkan berupa cara kerja atau proses
  • pemaparan proses teks eksposisi secara sistematis, berurutan, mulai awal teks hingga akhir teks
  • biasanya teks eksposisi disertakan diagram, gambar serta vektor yang diperlukan guna memperjelas isi teks paparan tersebut
  • tulisan pada paragraf tipe teks eksposisi ini biasanya lebih memaksimalkan (berusaha) menyampaikan informasi teks yang lengkap dan jelas kepada pembacanya



Tahapan cara menulis teks eksposisi berupa proses

Menulis teks eksposisi dalam bentuk proses biasanya dibutuhkan analisa mengenai suatu hal maupun persoalan secara bagian per bagian teks. Kemudian dari bagian-bagian teks tadi kita uraikan dalam bentuk tahap demi tahap teks eksposisi sehingga pembaca nantinya akan paham betul serta memiliki pengetahuan dari proses yang dijelaskan dalam teks secara keseluruhan.

Cara maupun langkah menulis sebuah teks eksposisi menjadi bentuk teks paragraf proses ini bisa kalian perhatikan berikut ini:
  1. menentukan jenis proses, sebagai contoh proses pemilihan Presiden
  2. mengumpulkan informasi, untuk membuat teks dalam paragraf jenis proses ini maka kita membutuhkan informasi mengenai proses pemilihan Presiden sperti contoh baik itu dari teks buku, teks surat kabar, wawancara, maupun sumber referensi lainnya
  3. mengamati, untuk memperoleh contoh informasi yang maksimal sebaiknya kita ikut mengamati langsung proses dari pemilihan Presiden tersebut
  4. kerangka wacana, dari semua informasi yang telah kita dapatkan tadi, maka kita bisa membuat kerangka teks wacananya
  5. pengembangan teks, kemudian dari contoh kerangka teks eksposisi tersebut kita sudah bisa mengembangkan contoh teks wacana mengenai pemilihan Presiden tadi


Contoh teks eksposisi dalam format proses

Tim ilmuwan yang diketuai Hutchings Graham, ahli kimia asal Cardiff University Inggris telah menemukan cara agar reaksi kimia menjadi ramah lingkungan dengan menggunakan partikel emas yang masing-masing berukuran 25 nano meter untuk mengaktifkan oksigen dari udara. Oksigen sangat diperlukan dalam proses oksidasi. Oksidasi adalah proses penambahan atom-atom oksigen ke dalam senyawa karbon untuk menghasilkan produk organik yang bermanfaat. Pada prinsipnya, proses ini akan ramah lingkungan jika menggunakan gas oksigen murni (O2) dari udara. Dalam reaksi oksidasi, ikatan kimia diantara kedua atom oksigen harus dilepaskan sehingga masing-masing atomnya bebas digunakan dalam reaksi. Hal inilah yang sulit dilakukan. Hampir seluruh reaksi oksidasi yang dilakukan dalam industri menggunakan oksidan yang berbahaya seperti asam perasetik yang menghasilkan limbah beracun. Oksigen yang telah diaktifkan mudah ditambahkan dalam molekul karbon. Dalam berbagai reaksi kimia, cairan digunakan untuk membantu melarutkan reaktan (zat yang direaksikan) dan mendorong atom untuk saling berkaitan. Akan tetapi, ternyata emas dapat digunakan untuk mengaktifkan oksigen tanpa harus menggunakan bahan-bahan pelarut seperti itu.


Teks Eksposisi Ilustrasi 

Jenis ilustrasi teks eksposisi adalah pola pengembangan karangan teks eksposisi dengan memanfaatkan ilustrasi atau gambaran saat menulis teks paparan yang sedang dibahas. Ilustrasi yang ada dalam teks pembahasan memiliki fungsi memberikan suatu gambaran maupun penjelasan secara konkret mengenai prinsip umum maupun sebuah konsep. Sebagai contoh misalnya saat mengeksposisikan sebuah pohon besar, maka penulis dapat langsung memberikan contoh pohon beringin. Contoh lainnya saat menulis atau mengeksposisikan binatang buas, penulis teks bisa menunjukan contoh harimau sebagai ilustrasi yang umum dan mudah dimengerti pembaca.

Jika dibuatkan susunannya maka jenis ilustrasi dari paragraf teks eksposisi digambarkan seperti berikut ini:

Konsep teks eksposisi
Ilustrasi teks
Contoh Organisme hidup
contoh tumbuhan, hewan, manusia
Contoh Pohon
contoh durian, mangga, rambutan


Cara membuat tulisan teks eksposisi dengan pengembangan ilustrasi

Ada beberapa syarat dan langkah dalam menulis bentuk ilustrasi teks eksposisi ini, yaitu:

  1. Penggunaan contoh teks eksposisi haruslah bersifat langsung atau tepat pada benda, objek, maupun topik yang sedang di eksposisi atau dibahas teks guna mengkonkretkan topik yang sedang dipaparkan
  2. Contoh yang diambil harus bisa memperkuat data teks eksposisi maupun fakta teks eksposisi mengenai topik yang dibahas (mampu meyakinkan pembaca)

Contoh ilustrasi teks eksposisi

Petani-petani di kota kecil yang tidak berpola hidup konsumtif, seperti Pati, umumnya tidak begitu tergantung oleh tengkulak. Hal ini dimungkinkan karena aktivitas pertanian kecil di Pati tersebut meskipun bermodal kecil, sudah merancang kebutuhan hidup kesehariannya melalui kelompok tani sehingga tidak banyak mengajukan kredit kepada tengkulak. Petani tersebut menjual hasil pertaniannya tepat pada waktunya.


Kesimpulan

Dari kedua macam bentuk dan jenis pada teks eksposisi tadi memiliki pemanfaatan gaya teks dalam penerapan penulisannya. Misalnya teks ekposisi format proses biasanya digunakan dalam bentuk laporan maupun tutorial teks dalam karya ilmiah yang menunjukan adanya tahapan proses. Sedangkan teks eksposisi tipe ilustrasi lebih banyak digunakan dalam penyampaian berita-berita media masa yang berusaha mengilustrasikan suatu kejadian, walaupun terkadang ada yang memanfaatkan teks eksposisi jenis proses dalam bentuk artikel berita kronologi.


======================================================= 
Sumber referensi; [1] Intisari Bahasa Indonesia untuk SMA, Diana Nababan, PT Kawan Pustaka 2008. [2] Bahasa Indonesia Tataran Semenjana untuk SMK dan MAK Kelas X, Ahmad Iskah, Penerbit Erlangga 2008. [3] Bahasa Indonesia SMK X, Nani Darmayanti, Grafindo Media Pratama, 2007. [4] Bahasa dan Sastra Indonesia SMA kelas 1, Tim Grasido. [5] Mahir Berbahasa Indonesia, SMA kelas X, P. Tukan, S.Pd, 2007.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.