Cara Mudah Menulis Rujukan Pada Sebuah Makalah Yang Kita Buat

Masih dalam pembahasan mengenai makalah pada pelajaran Bahasa Indonesia, di dalam menulis sebuah makalah sudah tentu kita akan menulis berdasarkan fakta-fakta atau pendapat-pendapat yang telah di tulis sumber sebagai rujukan. Sebagai contoh misalnya dari penelitian, buku, media massa, dan lain sebagainya. Pengambilan pendapat dan fakta dari tulisan yang telah ada memiliki manfaat agar makalah yang kita buat tidak terkesan asal atau mengada-ada, akan tetapi memiliki dasar pembahasan yang valid.

Adapun sumber-sumber tertulis tempat mengambil pendapat dan fakta disebut sumber rujukan. Sebagai karya tulis ilmiah, penulisan sumber rujukan harus berdasarkan pada kaidah yang berlaku.
Adapun sumber-sumber tertulis tempat mengambil pendapat dan fakta disebut sumber rujukan. Sebagai karya tulis ilmiah, penulisan sumber rujukan harus berdasarkan pada kaidah yang berlaku. 


Cara-cara menulis sumber rujukan adalah sebagai berikut ini:


a. Cara menulis rujukan kutipan langsung

Merujuk kutipan langsung disini maksudnya mengambil pendapat secara persis seperti naskah aslinya. Perhatikan contoh berikut ini:

Soebroto (1990:123) menyimpulkan : "Ada hubungan yang erat antara faktor sosial ekonomi dan kemajuan belajar."


b. Cara merujuk kutipan tidak langsung

Kutipan tidak langsung artinya kutipan rujukan yang sudah diramu oleh penulis makalah, tidak ditulis seperti naskah aslinya meskipun intinya sama. Contoh:

  1. Salimin (1990: 13) mengatakan bahwa orang tua memiliki pengaruh yang besar terhadap prestasi anak.
  2. Prestasi anak dipengaruhi oleh peran orang tua (Salimin, 1990: 13).



c. Cara menulis rujukan daftar pustaka

Daftar pustaka adalah buku atau sumber tertulis yang digunakan sebagai rujukan dalam penulisan makalah. Contohnya rujukan daftar pustaka sebagai berikut ini:

(1) rujukan dari buku:

Idrus. 2004. Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma. Jakarta: Balai Pustaka.

(2) Rujukan dari koran

Jawa Pos. 22 April 2007. "Wanita Kelas Bawah Lebih Mandiri".

Sebagai latihan, kalian bisa belajar membuat makalah menggunakan sistematika penulisan makalah yang ada pada postingan sebelumnya, kemudian isinya harus merujuk pada buku di perpustakaan sekolahmu maupun koran. Cobalah membuat tipe rujukan dengan kutipan langsung, rujukan kutipan tidak langsung dan juga daftar pustakanya. Selamat mencoba.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.

Note: Only a member of this blog may post a comment.