Daun Binahong: Khasiat, Manfaat, dan Efek Kesehatan Mengkonsumsi Binahong

Seperti apa tanaman Binahong itu? Apa juga manfaat daun Binahong terutama jika dikonsumsi? Pada artikel belajar kesehatan kali ini plengdut akan membahas tumbuhan binahong yang merupakan tumbuhan dari devisi magnoliophyta dengan kelas magnoliopsida dan merupakan ordo caryophyllales dari famili basellaceae pada genus anredera dan memiliki nama spesies Anredera cordifolia (Ten.) Steenis.

Dheng san chi merupakan nama binahong dalam bahasa Tionghoa, dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Heartleaf maderavine madevine dan dalam bahasa Latin disebut juga sebagai Bassela rubra linn. Binahong merupakan tanaman yang tumbuh di dataran tinggi dan rendah serta berasal dari daerah Korea. Sering juga dimasukan dalam kategori tanaman obat dikarenakan memiliki khasiat manfaat daun yang mampu mengobati berbagai macam penyakit baik itu penyakit yang ringan hingga penyakit berat.

Saat masa perang dunia ke II, penduduk Vietnam sering mengkonsumsi sayuran binahong sebagai tumbuhan obat. Bagian daun dari binahong memiliki berbagai macam kandungan manfaat zat seperti antioksidan, total fenol, protein, dan asam arkobat. Ada dua macam variasi binahong jika dilihat dari jenis daun nya. Yang pertama yaitu binahong dengan daun berwarna hijau agak gelap serta yang kedua adalah binahong berdaun merah.

Baik binahong hijau maupun merah sama-sama tumbuh merayap pada tanah.
Baik binahong hijau maupun merah sama-sama tumbuh merayap pada tanah. 

Walaupun binahong memiliki efek yang baik bagi kesehatan namun terdapt juga efek sampingnya juga. Contoh efek samping binahong seperti rasa sakit kepala, efek insomnia, efek gelisah, efek pusing, serta denyut jantung menjadi tidak teratur. Itulah sebabnya binahong dilarang jika dikonsumsi bersamaan stimulan yang lainnya seperti sambil minum kopi. Hal ini dikarenakan kopi memiliki kafein yang akan dapat menambah efek samping daun yang kita konsumsi tadi.

Perlu diingat juga bahwa ibu hamil dan menyusi sangat tidak disarankan mengkonsumsi bagian daun tanaman ini, begitu juga penggunaan bersama obat-obat resep dari dokter dilarang juga mengkonsusmsi daun tanaman binahong. Sedangkan jika digunakan sebagai penobatan, binahong khususnya bagian daun bisa diolah sesuai kebutuhan pengobatan yang diperlukan seperti berikut ini:

Khasiat Mengobati luka

Manfaat khasiat binahong untuk obat luka luar yaitu dengan cara mengambil beberapa helai daun tumbuhan ini kemudian cuci dan diremas-remas hingga tampak hancur dan mengeluarkan lendir. Setelah itu hancuran daun dimana telah diremas dan berlendir tadi langsung ditempelkan pada bagian luka agar cepat mengering.

Khasiat Mengobati ambeien

Manfaat binahong sebagai obat ambeien yaitu dengan mengambil 16 helai bagian daun dari binahong dengan 3 gelas air yang kemudian direbus hingga mendidih dan menghasilkan sisa air sekitar 2 gelas. Kemudian air rebusan tadi langsung diminum sekali sehari.

Khasiat Mengobati Darah Rendah

Manfaat obat darah rendah binahong melalui cara merebus daun 8 lembar beserta 2 gelas air hingga menyisakan 1 gelas kemudian diminum sebanyak sekali sehari.

Mengobati Gusi Berdarah

Sedangkan binahong jika digunakan sebagai obat gusi berdarah bisa dengan cara merebus 4 daun dengan 2 gelas air kemudian diminum air rebusannya.

Itulah tadi berbagai macam khasiat kesehatan daun tanaman binahong yang sebenarnya masih banyak lagi pemanfaatannya.