Gambarkan Struktur dari Organisasi Bentuk Fungsional?

Struktur organisasi fungsional atau staff (staf) relation adalah organisasi bentuk fungsional dimana bisa dikatakan awal bentuk staf yang diciptakan F.W. Taylor dengan beberapa pimpinan yang tidak memiliki bawahan (staff) yang jelas. Dalam struktur bentuk organisasi semacam ini tiap-tiap atasan memiliki wewenang untuk memberikan perintah atau komando kepada bawahannya sepanjang masih ada hubungannya dengan fungsi dari atasan tersebut.

Kekurangan dan Kelebihan Struktur Fungsional

Organisasi dengan struktur fungsional ini memiliki beberapa kelebihan serta kekurangan di dalam penerapannya. Kelebihan dan kekurangan struktur jenis organisasi tipe fungsional ini diantaranya bisa kalian perhatikan dalam tabel berikut ini:

Kelebihan fungsional

Kekurangan fungsional

Adanya spesialisasi pekerjaan dalam organisasi
Pimpinan tidak memiliki bawahan yang jelas
Pembagian kerja jelas
Keterampilan karyawan terbatas pada satu bidang
Koordinasi organisasi mudah dijalankan
Koordinasi menyeluruh susah dilakukan
Sudah memiliki tenaga ahli di bidangnya
Karyawan bersifat individual

Gambar Bagan

Jika struktur tersebut di gambarkan, maka organisasi jenis fungsional tersebut akan memiliki susunan bagan gambar seperti berikut ini:

Gambar Organisasi: gambar bentuk struktur dari fungsional
Gambar Organisasi: gambar bentuk struktur dari fungsional


Dari bentuk gambar diatas terlihat beberapa pimpinan Kabag (Kepala bagian) yang terbagi dengan keahlian masing-masing. Kabag produksi seperti gambar tersebut tidak akan bisa menjalankan tugas Kabag keuangan dikarenakan bukan keahlian bidangnya, begitu juga sebaliknya.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.