Herbivora Reptil Laut Atopodentatus Unicus Dengan Kepala Martil

Tepatnya tahun 2014 lalu, tim internasional ahli paleontologi menemukan sebuah fosil Atopodentatus dengan kondisi bagian moncong yang cukup aneh. Fosil tersebut kemudian diberi nama Atopodentatus Unicus dengan panjang tubuh sekitar 3m (10 kaki) dan diperkirakan hidup di laut China antara 247 hingga 242 juta tahun yang lalu atau bisa dikatakan masuk periode tengah trias.

Fosil herbivora atopodentatus – unicus yang ditemukan di Cina dan fosil sempat dikira rusak
Fosil herbivora atopodentatus – unicus yang ditemukan di Cina dan fosil sempat dikira rusak


Atopodentatus fosil yang ditemukan di wilayah China ini sebenarnya pernah dianggap terawetkan dengan buruk karena bagian kepala fosil tampak tergencet mirip paruh burung flamingo. Akan tetapi dari pengamatan ahli fosil yang juga sempat dipublikasikan dalam jurnal Science tahun 2016 ini, ternyata bentuk fosil paruh Atopodentatus tersebut merupakan paruh asli menyerupai kepala hiu martil dimana digunakan Atopodentatus dalam mencari dan mengambil makanan dari tanaman yang tumbuh di dasar laut.


Struktur Model Martil Mulut Unicus

Unicus merupakan contoh penemuan dari kehidupan awal reptil laut yang gemar memakan tumbuhan. Rahang unicus yang bebentuk martil dengan sepanjang tepi rahang terdapat banyak gigi kecil menyerupai jarum. Dari susunan gigi ini maka bisa diperkirakan bahwa unicus tidak menggunakan rahangnya untuk mengunyah mangsanya, melainkan sebagai alat mempermudah mengambil tanaman di dasar laut sebagai nutrisinya atau herbivora.

Atopodentatus menggunakan rahang martil guna mengambil tanaman di bebatuan
Atopodentatus menggunakan rahang martil guna mengambil tanaman di bebatuan


Ilustrasi Unicus Atopodentatus berenang bebas mencari makanan di dasar lautan
Ilustrasi Unicus Atopodentatus berenang bebas mencari makanan di dasar lautan


Berdasarkan informasi struktur fosil unicus, para peneliti mencoba membuatkan model rahang dari Atopodentatus dengan menggunakan clay serta tusuk gigi yang mewakili gigi hewan tersebut. Menurut Dr. Rieppel "dari simulasi tersebut kami ketahui bahwa rahang atas unicus dengan rahang bawah unicus mampu terkunci bersamaan saat mengambil makanan".

Moncong palu bagian depan unicus akan digunakan saat menggigit ganggang maupun tanaman dari permukaan batuan yang ada di kedalaman laut.

Pemodelan mulut atopodentatus dari fosil reptil unicus
Pemodelan mulut atopodentatus dari fosil reptil unicus


Kemudian mulutnya tadi akan menutup dengan diikuti masuknya air disisi rahang yang berfungsi sebagai filter penjebak tanaman kemudian setelah itu air akan kembali keluar dari rahang tersebut. Jika dilihat sistem filter unicus sama dengan filter makan pada ikan paus yang kita kenal dengan balin (tulang insang paus yang berfungsi melakukan filter terhadap makanan dan air).

Reptil unicus ini juga menggambarkan kepada kita bahwa ternyata ada hewan reptil bersifat herbivora yang hidup wilayah laut dan ikut menceritakan bagaimana kepunahan masal di dunia terjadi saat itu, sekitar 252 juta tahun yang lalu atau tepatnya pada kisaran periode perm – trias.

Akhiran nama unicus pada Atopodentatus laut ini memiliki arti unik dikarenakan unicus mempunyai gigi serta rahang yang cukup unik layaknya martil. Di dalam sistem klasifikasi, unicus masuk dalam kingdom animalia, dengan filum Chordata, Kelas Reptil, Clade Sauria, Genus Atopodentatus.