Contoh Peredaran Darah Ganda Tertutup Pada Hewan

Hewan maupun manusia sudah pasti memiliki sistem peredaran darah. Sirkulasi dari darah ini umumnya memiliki beberapa jenis, contoh seperti peredaran darah tertutup, contoh lainnya peredaran terbuka, ganda, maupun peredaran darah tunggal. Kali ini plengdut akan mengulas artikel peredaran darah terutama contoh untuk hewan dan masuk dalam jenis tertutup serta ganda.

Peredaran darah ganda tertutup adalah sirkulasi darah dimana selalu dalam pembuluh darah dan melewati jantung sebanyak dua kali dalam sekali sirkulasi. Sehingga pada peredaran darah jenis ini akan memiliki 2 macam sirkulasi, contoh yaitu peredaran darah kecil dan besar. Ada beberapa hewan yang juga memiliki peredaran dari darah dengan sistem ganda serta tertutup seperti ini. Lalu hewan apa sajakah itu? Berikut ini plengdut berikan beberapa contoh hewan dengan sirkulasi dalam darah berupa ganda dan tertutup.

Buaya

Contoh pertama yaitu peredaran darah buaya memliki alur ganda dari: pembuluh vena (darah miskin O2)→sinus venosus→atrium kanan→ventrikel kanan buaya→paru-paru (menikat O2)→atrium kiri→aorta buaya→seluruh tubuh (melepas O2).

Contoh gambar peredaran dari darah buaya
Contoh gambar peredaran darah buaya (hewan reptil)

Contoh alat peredaran darah milik buaya yaitu jantung dengan 4 ruangan berupa ventrikel kiri-kanan dan atrium kanan-kiri juga sinus venosus. Pada sekat antar ventrikel terdapat lubang kecil yang dikenal dengan istilah foramen panizzae, dimana memiliki fungsi untuk distribusi oksigen ke seluruh saluran pencernaan serta menjaga keseimbangan dari tekanan cairan jantung, contoh misalnya di saat buaya menyelam ke air. Biasanya sekat tadi akan tertutup otomatis, contoh misalnya disaat terjadi kontraksi pada ventrikel.

Aorta buaya jumlahnya ada dua, yaitu aorta paru kanan yang bertugas untuk membawa darah dari ventrikel kiri menuju kepala serta organ tubuh bagian depan (contoh bagian moncong buaya). Yang kedua aorta paru kiri dimana berfungsi membawa darah yang berasal dari ventrikel kiri ke bagian tubuh belakang buaya.


Burung

Contoh berikutnya yaitu aliran peredaran darah burung dimana terbagi menjadi dua (ganda) yaitu siklus darah kecil yang alirannya berawal dari; pembuluh vena (O2 minim dalam darah)→ventrikel kanan→arteri pulmonalis burung→paru-paru (mengikat O2)→vena pulmonalis burung→atrium kiri→ventrikel kiri.

Siklus darah besar burung dimulai dari: ventrikel kiri (sel darah kaya O2)→seluruh tubuh (melepas O2)→atrium kanan, kemudian selanjutnya darah akan kembali ke sistem peredaran darah kecil. Jantung burung mempunyai 4 ruangan yaitu 2 atrium dan 2 vetrikel dimana merupakan contoh ruang yang terpisah sempurna.

Jantung kiri burung contoh tugasnya hanya menangani darah yang kaya akan oksigen, sementara jantung kanan burung contoh fungsinya mengelola darah yang miskin akan oksigen. Ventrikel burung sebelah kiri memili 3 cabang arteri darah, dimana 2 darah arteri hewan ini akan mengalirkan darah ke bagian kepala beserta organ depan, juga otot untuk terbang. Sedangkan 1 arteri lainnya bertugas mengalirkan darah ke anggota badan belakang burung.

Gambar contoh sirkulasi dari peredaran darah burung
Gambar contoh sirkulasi ganda dari peredaran darah burung (hewan aves)



Pembuluh vena burung yang menuju jantung merupakan gabungan vena cava superior yang berasal dari bagian tubuh atas serta vena cava inferior yang berasal dari bagian tubuh bawah.

Itulah tadi contoh dari peredaran darah berupa peredaran tertutup juga ganda yang ada dalam sirkulasi darah hewan.