Identifikasikan dan Jelaskan Jenis dari Badan Usaha Jika Dilihat dari Lapangan Usahanya?

Berdasarkan modal serta lapangan usaha maka badan usaha dapat dibedakan kedalam beberapa jenis golongan. Sesuai deng pertanyaan yang ada dalam judul postingan ini, amaka kali ini akan plengdut ulas badan usaha berdasarkan lapangan usaha yang ditekuni.

Jika ditinjau dari bentuk lapangan usahanya, maka badan usaha digolongkan ke dalam 5 jenis-jenis bidang yaitu jasa, perdagangan, agraris, industri serta ekstraaktif. Untuk memahami jenis badan usaha tersebut, simaklah penjelasan berikut ini:

Usaha Ekstraaktif

Badan usaha ekstraaktif adalah bentuk badan usaha dimana aktivitas kegiatannya akan mengambil hasil dari alam secara langsung dan menciptakan manfaat tertentu dari produk yang dihasilkan badan usaha ini. Contoh lapangan ekstraaktif badan usaha seperti kegiatan pendulangan intan atau emas, penebangan kayu, perikanan, serta lapangan pertambangan.

Usaha Agraris

Badan usaha agraris adalah usaha yang kegiatannya mengolah alam sehingga mampu memberikan manfaat lebih bagi konsumen. Sebagai contohnya yaitu usaha lapangan perikanan darat, peternakan, perkebunan, pertanian dan lain sebagainya.
usaha yang kegiatannya mengolah alam sehingga mampu memberikan manfaat lebih bagi konsumen.


Usaha Industri

Badan usaha industri adalah badan usaha dengan aktivitas atau kegiatannya yaitu mengelola berbagai bahan mentah untuk dijadikan berbagai macam barang siap pakai atau siap untuk dikonsumsi. Contoh badan bentuk usaha semacam ini seperti kerajinan tangan, industri logam, tekstil serta usaha-usaha lainnya.

Usaha Perdagangan

Badan usaha perdagangan adalah jenis dari badan usaha berupa kegiatan penyaluran barang dengan arus barang dari produsen ke konsumen dan dikenal juga dengan aktivitas jual beli. Contoh bentuk perdagangan badan usaha misalnya ekpor impor, supermarket, pedagang eceran, grosir dan lain sebagainya.

Usaha Jasa

Badan usaha jasa adalah macam badan usaha dengan aktivitas yang bergerak di bidang pelayanan bentuk jasa jasa tertentu untuk konsumennya. Sebagai contoh dari usaha badan jasa ini misalnya asuransi, bank, notaris, bengkel, dokter, salon dan lain sebagainya.

Di era teknologi yang semakin berkembang dengan pemanfaatan internet guna mempermudah transaksi dari konsumen ke produsen serta kecepatan informasi usaha, kelima jenis atau macam-macam lapangan badan usaha tadi ikut berkembang dengan sangat pesat.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.