Macam Teknik dan Tampilan Jenis gambar ilustrasi

Menurut Soedarso (2014), Gambar ilustrasi ialah gambar dimana menjelaskan maupun menceritakan suatu jalan cerita atau naskah tertulis. Bentuk ilustrasi bermacam-macam, contohnya yaitu karikatural, karya seni grafis, lukis, sketsa, bahkan seiring perkembangan zaman digital saat ini penggunaan karya photo dan image bitmap pun dibuat sebagai karya ilustrasi.

Penjelasan lain gambar ilustrasi adalah visualisasi tampilan gambar dimana mendeskripsikan suasana, kejadian, peristiwa, cerita baik itu berupa berita, esai, sejarah maupun skrip. Konsep gambar ilustrasi juga dijelaskan sebagai bentuk gambaran untuk menggambarkan suatu peristiwa.

Jenis Gambar Ilustrasi

Apa saja jenis-jenis gambar ilustrasi ? Jenis gambar ilustrasi ada 4 macam jenis, yaitu:
  1. Ilustrasi Editorial, kerap kali disebut ilustrasi kantor, yaitu macam penggambaran ilustrasi guna membuat gambaran manuskrip juga isian buku, majalah serta surat kabar. Contoh editorial ilustrasi adalah:
    • Ilustrasi cover sampul dan majalah
    • Ilustrasi cerita serta ilustrasi artikel (ilustrasi manuskrip), contoh detailnya seperti ilustrasi gambar pada postingan artikel plengdut.com ini, sedangkan ilustrasi cerita paling sering sahabat temui pada ilustrasi komik dimana mampu menggambarkan karakter, watak masing-masing tokoh maupun peristiwa, suasana dan alur ceritanya.
    • Ilustrasi karikatur dimana umumnya berisi gambar-gabar kocak dengan pesan terkandung di dalamnya seperti kritik maupun satire.
    • Ilustrasi kartun adalah ilustrasi editorial paling sering dimanfaatkan koran-koran harian guna menggambarkan situasi terkini.
  2. Modis ilustrasi adalah ilustrasi berisi gambar-gambar desain busana atau ide.
  3. Ads ilustration atau ilustrasi iklan merupakan pemanfaatan ilustrasi guna kepentingan iklan atau promosi.
  4. Gambar sains ilustrasi, umumnya digunakan sebagai gambaran informasi terkait ilmu pengetahuan atau sains.
Sebagai contoh adalah ensiklopedia mengenai struktur-struktur bagian bunga dengan tujuan agar pembaca bisa membayangkan tampilan dan melihat informasi tersebut tanpa harus melihat bunga aslinya. Misal bagian kelopak bunga, putik bunga, tampilan benang sari bunga dan lain sebagainya.
Sebagai contoh adalah ensiklopedia mengenai struktur-struktur bagian bunga dengan tujuan agar pembaca bisa membayangkan tampilan dan melihat informasi tersebut tanpa harus melihat bunga aslinya. Misal bagian kelopak bunga, putik bunga, tampilan benang sari bunga dan lain sebagainya.

Jenis Tampilan Gambar Ilustrasi

Menurut Soedarso (2014) berdasarkan macam penampilannya, gambar ilustrasi memiliki berbagai jenis, yaitu:
  1. Gambar Ilustrasi Naturalis, jenis gambar dengan memiliki tampilan bentuk dan warna yang sama dengan kenyataan (realis) yang ada di alam tanpa adanya pengurangan atau pun penambahan.
  2. Ilustrasi Dekoratif adalah gambar yang berfungsi untuk menghiasi sesuatu dengan bentuk ilustrasi tampilan disederhanakan atau dilebih-lebihkan (dibuat gaya tertentu sebagai style).
  3. Jenis Gambar Kartun adalah gambar yang memiliki bentuk bentuk yang lucu atau memiliki macam ciri khas tertentu. Biasanya gambar kartun banyak menghiasi majalah anak anak, ilustrasi komik, dan cerita bergambar.
  4. Gambar Karikatur adalah gambar kritikan atau sindiran fimana dalam penggambarannya telah mengalami penyimpangan bentuk proporsi tampilan tubuh. Gambar ini banyak ditemukan di majalah atau koran.
  5. Cerita Bergambar (Cergam) adalah sejenis komik atau gambar dimana diberi teks. Teknik menggambar cergam dibuat berdasarkan cerita dengan berbagai sudut pandang penggambaran ilustrasi yang menarik.
  6. Ilustrasi buku pelajaran mempunyai fungsi untuk menerangkan teks atau suatu keterangan peristiwa baik ilmiah maupun gambar bagian. Bentuknya bisa berupa foto, gambar natural, juga bisa berbentuk bagan.
  7. Ilustrasi khayalan adalah gambar hasil pengolahan daya cipta secara imajinatif (khayal). Cara penggambaran seperti ini banyak ditemukan pada ilustrasi cerita, novel, roman, dan komik.

Jenis Teknik Menggambar Ilustrasi

Jenis ilisutrasi dapat dilihat dari gaya penggambaran ilustrasi itu sendiri. Gaya sebuah ilustrasi tergantung kepada seorang ilustrator yang menggunakannya. Gaya dimana sering digunakan oleh seorang illustrator saat ini, baik menggunakan teknik tradisional maupun modern, antara lain:

  1. Teknik Realis, Gaya ilustrasi realis adalah gaya gambar yang merujuk pada kesamaan objek yang digambar, nyata, dan benar-benar ada.
  2. Teknik Surealis, Gaya ilustrasi surealis adalah gaya gambar dimana menitikberatkan kepada fantasi / khayal, tidak nyata, misteri, dan adakalanya menggunakan pendekatan gaya metafora, gaya hiperbola, gaya humanoid, dsb.
  3. Kartun (Cartoon), Gaya ilustrasi kartun adalah gaya gambar yang memiki kesan fun / lucu, penuh warna, dan menarik untuk dilihat.
  4. Karikatur, Gaya ilustrasi karikatur adalah gaya gambar dimana proporsional tokoh (objek) tidak dihiraukan, biasanya kepala tokoh lebih besar ketimbang tubuhnya, termasuk tangan dan kaki. Karikatur lebih menonjolkan detail sebuah wajah, namun tetap syarat ekspresi.
  5. Japan Style, Gaya ilustrasi Japan adalah gaya gambar merujuk kepada gaya gambar manga (komik) Jepang, cirinya terkenal dengan mata besar si tokoh, corak rambut kaya warna, hingga gesture tokoh tidak wajar (normal sesuai keadaan kehidupan nyata).
  6. American Style
  7. Ilustrasi bergaya Amerika adalah gaya gambar dimana merujuk kepada gaya gambar Amerika, kebanyakan mengenai heroisme, dengan ciri tubuh si tokoh penuh otot, muka segi empat, dan efek kadang kala berlebihan.
  8. Pop Art, Gaya ilustrasi Pop Art adalah gaya gambar yang saling menindih objek satu dengan objek lainnya, dan terkadang object itu tidak berhubungan sama sekali, namun dapat memberi makna juga arti. Pop Art dapat berupa foto-foto, maupun ilustrasi-ilustrasi, atau keduanya digabungkan bersama-sama, tentu dengan effect yang membuat gaya ilustrasi ini mudah untuk dikenali.
  9. Fotografi, Gaya ilustrasi dalam bentuk photograpy adalah gaya gambar dengan menggunakan penggabungan beberapa foto sampai menjadi sebuah desain ilustrasi. Gaya ilustrasi ini tak kalah kuat dengan gaya ilustrasi dengan menggunakan hand made. Gaya ilustrasi ini lebih banyak digunakan di dunia desain grafis dewasa ini.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.