Jejak Kaki Dinosaurus Raksasa Ditemukan di Pulau Kecil Skye

Baru-baru ini telah ditemukan ratusan jejak kaki dari Sauropoda dimana merupakan dinosaurus herbivora berukuran besar di daerah kepulauan kecil Skye (biasa disebut juga Isle of Skye) Skotlandia. Penemuan ini dipublikasikan secara online pada jurnal geologi Skotland tanggal 1 Desember 2015 oleh Stephen L. Brusatte dkk yang berjudul "Sauropod Dinosaur Trackways in a Middle Jurassic Lagoon on the Isle of Skye, Scotland."

Dr Stephen Brusatte sendiri merupakan seorang ahli paleontlogi dari University of Edinburgh yang bersama rekan-rekannya melakukan identifikasi jejak kaki kaki dari fosil dinosurus, baik itu dinosaurus berukuran besar maupun kaki berukuran kecil yang terdpat pada lapisan batuan dangkal serta cetakan jejak kaki yang ada pada laguna air garam.

Dalam makalahnya, Brusatte menjelaskan bahwa penemuan cetakan jejak kaki dari dinosaurus ini terdpat pada beberpa lapisan yang terawetkan oleh sistem daerah lagoon (yang biasanya dominan memiliki kada air asin). Jejak kaki raksasa dari Sauropoda yang tersisa di sedimen hampir kurang lebih 170 tahun yang lalu (sekitar periode Jurassic) merupakan jejak dari Sauropoda pertama yang ditemukan di daerah Skotlandia.

Ilustrasi gambar dinosaurus raksasa Sauropoda yang hidup di Isle of Skye (Oleh: Jon Hoad)
Ilustrasi gambar dinosaurus raksasa Sauropoda yang hidup di Isle of Skye (Oleh: Jon Hoad)


Dengan menganalisis struktur jejak kaki tersebut, Brusatte dan rekan-rekannya menemukan bahwa pada awal masa dinosaurus ini banyak terdapat kerabat jauh dari spesies yang lebih terkenal dari Sauropoda seperti Brontosaurus dan Diplodocus.

Jejak baru yang ditemukan pada daerah Skye ini menjadi penemuan sejarah dinosaurus yang paling luar biasa yang pernah dibuat Skotlandia. Pada daerah Skye ini ada begitu banyak cetakan jejak kaki dari dinosaurus yang terawetkan dalam batu-batu lagoon.

Jejak kaki raksasa yang ditinggalkan pada danau berlumpur di Skye (sekarang menjadi lagoon) yang berumur sekitar 170 juta tahun yang lalu oleh sauropoda raksasa. Jejak kaki terbesar berukuran 27,5 inci atau sekitar 70cm. (Oleh: Steve Brusatte)
Jejak kaki raksasa yang ditinggalkan pada danau berlumpur di Skye (sekarang menjadi lagoon) yang berumur sekitar 170 juta tahun yang lalu oleh sauropoda raksasa. Jejak kaki terbesar berukuran 27,5 inci atau sekitar 70cm. (Oleh: Steve Brusatte)

Berdasarkan hasil penelitian tim Dr Busatte ini bahwa jejak kaki dari dinosaurus terbesar yang pernah hidup di daerah Skye ini memiliki tinggi sekitar 50 kaki atau sekitar 15 meter, sedangkan panjang dan beratnya diperkirakan lebih dari 10 ton. Beberapa jejak dari kaki Sauropoda yang merupakan jenis dinosaurus raksasa pemakan tumbuhan ini ditemukan di beberapa negara lain yang mengungkap bahwa spesies jenis ini lebih banyak menghabiskan waktunya di wilayah pesisir dan daerah perairan dangkal.

Dari jejak kaki baru yang ditemukan di daerah Skye ini mendokumentasikan bahwa beberapa generasi dari Sauropoda lebih suka hidup di lingkungan lagoonal Jurassic di Skotlandia. Penemuan ini juga telah mematahkan teori bahwa Sauropoda lebih banyak menghabiskan waktu di daerah daratan berpohon tanpa air dibandingkan dengan daerah pesisir dan perairan dangkal.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.