Jenis-jenis Gas Rumah Kaca

Bumi kita memiliki atmosfer yang terdiri atas beberapa jenis gas. Setiap jenis gas memiliki macam fungsi yang berbeda-beda. Beberapa jenis gas berfungsi untuk mempertahankan suhu bumi agar tetap hangat sehingga sesuai untuk kehidupan makhluk hidup. Kelompok gas yang berfungsi menjaga kesetabilan suhu di permukaan bumi agar tetap hangat disebut gas rumah kaca.

Gas jenis rumah kaca adalah merupakan beberapa jenis gas yang terperangkap di atmosfer dimana tidak mampu meneruskan radiasi gelombang panjang matahari, tetapi menahan radiasi inframerah yang diemisikan oleh permukaan bumi. Cara kerja kelompok gas tersebut mirip dengan atap kaca rumah dimana atap dari rumah berfungsi menahan panas matahari sehingga suhu di dalam rumah kaca tetap hangat. Oleh karena itu, kelompok macam gas yang berfungsi menahan matahari disebut dengan gas-gas rumah kaca.

Ilutrasi gambar dari efek sebuah rumah kaca
Ilutrasi gambar dari efek sebuah rumah kaca


Macam-macam kelompok gas dari rumah kaca yaitu uap air (H2O), karbondioksida (CO2), metana (CH4), nitrogen oksida (NO), dan CFC. Karbon dioksida sumbernya adalah 70% dari volume total gas-gas rumah kaca, disusul dengan metana dan nitrogen oksida. Uap air sebenarnya adalah sumbernya gas dalam rumah kaca yang paling kuat. Namun karena usianya di atmosfer hanya terbilang beberapa hari, potensi pemanasan globalnya (global warming potential) tidak terlalu berpengaruh.

Macam Jenis Beberapa Gas dari Rumah Kaca Beserta Sumbernya


Rumah Kaca Gas
Macam Macam Sumber Gas
Karbon dioksida (CO2)
Sumbernya pembakaran bahan bakar jenis fosil di sektor energi, industri, transportasi, deforestasi, pertanian
Metana (CH4)
Sumbernya pertanian, perubahan tata hutan, pembakaran jenis biomassa, tempat pembuangan akhir sampah
Nitroksida (N2O)
Sumbernya pembakaran bahan bakar fosil, pertanian, industri
Hidrofluorokarbon (HFC)
Sumbernya industri jenis manufaktur, rumah industri pendinginan (freon), penggunaan aerosol
Perfluorokarbon (PFC)
Sumbernya penggunaan freon, penggunaan aerosol, manufaktur industri
Sulfurheksafluorida (SF6)
Sumbernya Industri listrik, rumah manufaktur, pemanfaatan jenis freon, pemanfaatan aerosol