Kapan dan Dimana Olimpiade Modern yang Pertama Diadakan?

Olimpiade modern pertama kali diadakan pada tahun 1896 di Athena – Yunani. Pada awalnya event ini dikenal dengan sebutan Olimpiade Musim Panas yang berlangsung dari tanggal 6 hingga 15 April 1896 di Yunani tepatnya di daerah Athena dan menjadi awal perlombaan Olimpiade I diadakan.

Modern Olimpiade adalah sebutan yang paling dikenal untuk Olimpiade ini dikarenakan saat itu event Olimpiade berlangsung di era modern dan menjadi ajang olahraga Internasional yang diadakan dan diikuti berbagai negara. Yunani menjadi negara pilihan pertama untuk berlangsungnya acara Olimpiade dikarenakan Olimpiade lahir dan berkembang sejak jaman Yunani kuno di negara ini.

Dari hasil pungutan suara dalam kongres yang diadakan Pierre de Coubertin dimana merupakan seorang pendidik serta sejarahwan Perancis di Paris (tepatnya tanggal 23 Juni 1894) menyepakati Yunani sebagai lokasi awal diadakan Olimpiade. Tidak hanya itu saja, dalam kongres ini juga dibentuk dan awal lahirnya IOC atau Komite (Committee) Olimpiade Internasional.

Desain mendali 1896 saat event tersebut
Desain mendali 1896 saat event tersebut


Walaupun banyak rintangan serta halangan dalam penyelenggaraan event pertama ini, namun Olimpiade 1896 dianggap sebagai event modern dengan kesuksesan yang besar.

Bahkan di tanggal Olimpiade berlangsung, sejarah mencatat stadion Panathinaiko yang digunakan Olimpiade di tahun 1800an sempat penuh sesak dengan para penonton yang ingin menyaksikan event besar ini.

Dalam penyelenggaraan pertama Olimpiade tersebut, cabang marathon menjadi cabang favorit masyarakat Yunani saat itu, dikarenakan atlet marathon Spyridon Louis asal Yunani berhasil menjuarai cabang Marathon ini. Sementara kompetisi ketat pertama terjadi pada cabang gulat dan senam dimana 4 kali secara berturut-turut pegulat Jerman dan pesenam Carl Schumann berhasil menjuarai cabang ini selama 4 musim berlangsung.

Saat Olimpiade berakhir, beberapa tokoh termasuk Raja Yunani George saat itu membuat permohonan ke Coubertin dan IOC agar event berikutnya tetap diadakan di Athena.

Akan tetapi IOC memiliki pilihan lain dimana Olimpiade 1900 nantinya akan diadakan dikota Paris Perancis. Yunani sendiri kembali menjadi tuan rumah Olimpiade di tahun 2004 semenjak modern event pertama berakhir di Athena.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.