KEM: Kemampuan Efektif Membaca Beserta Rumus Perhitungannya

Tahukah kalian bahwa kemampuan membaca kita dapat dihitung ataupun diukur? Istilah KEM adalah kepanjangan dari “Kemampuan Efektif Membaca” merupakan istilah yang biasa digunakan dalam mengukur kemampuan membaca kita. Dari pengukuran inilah kita dapat mengetahui kemampuan membaca cepat 300 kata per menit atau bahkan lebih dari yang kita miliki.
Berikut ini akan plengdut berikan beberapa rumus dan cara yang bisa kalian gunakan dalam mengukur kemampuan dari membaca kalian:


Cara Pertama:
Cara mengukur kemampuan membaca yang pertama yaitu menggunakan rumus berikut ini:

Kemampuan efektif membaca, rumus pertama

Dimana:
KEM = Kemampuan Efektif dalam Membaca
K = Jumlah kata yang dibaca
Wd = Waktu tempuh baca dalam satu detik
B = Pemahaman isi atau skor perolehan siswa
Si = Skor ideal
Kpm = Kata per menit


Perhatikanlah contoh berikut ini:


Fahmi membaca bacaan dengan jumlah kata yaitu 300 kata. Waktu yang digunakan untuk membaca adalah 55 detik. Jumlah jawaban benar adalah 17 dari 20 soal. Maka perhitungan KEM adalah sebagai berikut:


Contoh penerapan rumus pertama KEM kemampuan efektif membaca

Berdasarkan perhitungan diatas, maka KEM dari Fahmi adalah 275 Kpm.


Cara Kedua:
Jika pada cara pertama rumusnya menggunakan waktu tempuh membaca dalam detik untuk menghitungnya, pada rumus cara yang kedua ini waktu tempuh dalam membaca menggunakan menit. Perhatikanlah rumus menghitung KEM berikut ini:

Rumus kedua dalam menghitung kecepatan efektifitas membaca atau KEM

Keterangan:
K = Jumlah kata yang dibaca
Wm = Waktu tempuh dalam satu menit
B = Pemahaman isi atau skor perolehan siswa
Si = Skor Ideal

Untuk lebih jelasnya, cobalah kalian perhatikan contoh dari soal berikut ini:

Sultan membaca bacaan dengan jumlah kata 375 kata. Waktu yang digunakan untuk membaca adalah 1 menit. Sedangkan jumlah jawaban yang benar adalah 22 dari 25 soal. Maka perhitungan dari kecepatan untuk efektifitas membaca Sultan adalah sebagai berikut ini:

Contoh soal perhitungan kemampuan efektifitas membaca dengan mengguanakan rumus kedua

Dari hasil perhitungan tadi bisa kita etahui bahwa kecepatan efektifitas membaca (KEM) dari Sultan adalah 330 kata per menit (kpm). Sedangkan KEM standar yang harus dimiliki siswa adalah 300 kata permenit, sehingga bisa dikatakan Sultan lulus kompetensi dasar ini.

Cara Merubah KEM Menjadi Skor


Tabel konversi kecepatan dalam efektifitas membaca menjadi sebuah skor

Untuk mengubah KEM menjadi sebuah skor, ada beberapa cara yang digunakan, salah satunya yaitu dengan menggunakan tabel konversi dari kemampuan efektifitas dalam membaca tadi. Tulislah kriteria ketuntasan minimal atau KKM untuk kompetensi dasar ini. Misalnya KKM untuk KD (Kompetensi Dasar) membaca cepat adalah 65 dan minimal KEM yang harus dikuasai adalah 300 kata per menit, maka alternatif tabel konversinya sebagai berikut:

Misalnya Amri memperoleh KEM 315, maka berdasarkan tabel konversi yang dibuat tadi makan Amri memperoleh nilai 68.

Tabel KEM atau Kecepatan Membaca Siswa

Apabila kalian mengalami kesulitan dalam mencari KEM (Kemampuan Efektifitas Membaca), berikut ini plengdut sajikan tabel cara menghitung KEM. Tabel ini digunakan jika tingkat pemahaman siswa minimal 75%.

tabel KEM

(Sumber: Gordon Wainwright, 2006)