Koin Kristal Memory Superman Penyimpan Data Abadi

Ada yang pernah nonton film Superman? Pada film superhero ini, terutama dalam episode Superman yang berjudul Man Of Steel ditunjukkan sebuah daerah kristal yang bernama Fortess of Solitude dimana merupakan tempat kediaman Superman. Di tempat ini digambarkan Superman sering berdiri menghadap bongkahan crystal batangan yang merupakan tempat ia menyimpan data.

Lalu apa hubungannya antara kristal milik Superman dengan ilmu pengetahuan yanga akan plengdut ulas di postingan artikel ini? Lagi-lagi kita kali ini akan berbicara mengenai sebuah penemuan di dalam dunia teknologi. Penemuan ini masih berhubungan dengan media penyimpanan data. Mungkin kalian juga dulu pernah tau mengenai berbagai jenis media penyimpanan data sebelum secanggih seperti saat ini. Mulai dari bentuk disket, kemudian muncul cd dan dvd, dan berkembang pada flashdisk hingga SD card dan MMC atau yang kita kenal dengan micro memory card saat ini.

Superman dihadapan crystal miliknya
Superman dihadapan crystal miliknya


Kembali lagi pada si Superman dimana suka menyimpan data dalam kristal batangan miliknya, kali ini ilmuwan Universitas Southampton di negara Inggris berhasil menciptakan memory menyerupai kristal mirip kepunyaan Superman tadi. Hanya saja bentuk crystal memory tersebut seukuran koin logam berbeda dengan kristal kepunyaan Superman yang panjang.

Ada beberapa alasan mengapa memory ini dinamai memory kristal Superman. Pertama yaitu bentuk media penyimban data yang dibuat dalam ukuran koin ini menyerupai kristal transparan Superman. Sedangkan alasan kedua yaitu dokumen atau data yang disimpan dalam memory koin kristal ini mampu disimpan selama 13.8 miliar tahun lamanya jika berada pada temperatur suhu 190ÂșC, sedangkan jika dalam suhu yang normal, lama data yang disimpa di angka yang tidak terukur atau bisa dikatakan abadi atau selamanya.

Superman koin data abadi mirip crystal superman
Superman koin data abadi mirip crystal superman


Cukup keren bukan jika dilihat lamanya data yang mampu disimpan koin berbentuk kristal ini? Untuk saat ini kapasitas yang mampu disimpan koin kaca ini sekitar 50GB besar data yang disimpan perkeping kristal. Kristal dalam bentuk koin memory ini sebenarnya terbuat dari kaca silika murni dengan kemampuan merekam dan menghapus data. Jadi jika digunakan fungsinya menyerupai flashdisk atau memory card yang bisa kita hapus maupun kita tulis ulang data yang akan disimpan.

Uji coba penyimpanan data ini dilakukan untuk menyimpan data dari dokumen deklarasi HAM, buku Optick yang merupakan karangan dari Isaac Newton, Alkitab, serta salinan Magna Carta. Profesor Peter Kazansky dari pusat riset Optoelectronics Southampton University menjelaskan bahwa penemuan penyimpanan memory data berteknologi tinggi ini mampu menyelamatkan catatan bukti mengenai peradaban kita.

Cara kerja memory mirip kristal serta berbentuk koin ini sendiri dengan cara menuliskan data menggunakan dot atau titik-titik kecil yang dimasukan kedalam kepingan Superman kristal atau disebut dengan istilah voxel. Untuk membaca voxel tadi akan digunakan dekoder optikal sehingga pengguna akan dapat menghapus maupun menulis kembali data ke dalamnya. Seandainya dirilis ke pasaran kira-kira berapa banyak uang yang harus di keluarkan ya untuk mendaptkan teknologi ini? Mari kita tunggu saja kehadiran teknologi penyimpanan data ini.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.