Memahami Titik Permasalahan Biologi Pada Tingkatan Organisasi Makhluk Hidup

Sebelum mempelajari maupun mendalami ilmu biologi, sudah tentu ada titik dimana yang dijadikan masalah pada studi tersebut. Sebagai contoh mengenai ancaman virus zika dimana saat ini menjadi berita tentang penyakit yang paling diwaspadai. Hal ini merupakan titik dari sebuah masalah dimana berbagai macam studi ilmu baik itu ilmu kimia, biologi, bahkan ilmu fisika dan meteorologi (contohnya prediksi musim hujan dan kapan nyamuk pembawa virus ini mulai berkembangbiak) berlomba-lomba untuk mengamati dan memecahkan masalah dari wabah virus ini.

Dari contoh tersebut, kita jadi tahu bahwa setiap cabang ilmu tadi ada dikarenakan terdapat permasalahan yang menyangkut bidang ilmu tersebut sehingga dibutuhkan riset, pengamatan, penelitian dan lain sebagainya guna memecahkan masalah-masalah ini. Pada bidang biologi, terdapat beberapa mcam pembagian mengenai permasalahan-permasalahan yang menjadi titik studi ilmu biologi. Permasalah biologi dimana menyangkut dengan kehidupan makhluk hidup ini bisa diuraikan berdasarkan tingkatannya sebagai berikut:

Memahami Titik Permasalahan Biologi Pada Tingkatan Organisasi Makhluk Hidup

Permasalahan Biologi Molekul

Sesuai dengan tingkatannya bahwa permasalahan biologi dalam tingkat molekul berkaitan erat dengan susunan molekul yang ada dalam tubuh makhluk hidup. Contoh permasalahan biologi molekul ini misalnya yaitu kekurangan kalsium dimana studi mengenai biologi dituntut untuk menganalisa serta mencari solusi untuk menangani beberapa kasus kekurangan molekul kalsium dimana dapat menyebabkan terjadinya pengeroposan tulang.

Permasalahan Biologi Sel

Tingkat sel menjadi permasalahan biologi selanjutnya. Tingkatan yang ada pada makhluk hidup ini mempunyai titik fokus permaslahan biologi seperti adanya gangguan pada sel maupun adanya kelainan sel organisme makhluk hidup. Gangguan yang sering terjadi dalam sel umumnya berupa infeksi akibat virus maupun bakteri yang merugikan makhluk hidup.

Permasalahan Biologi Jaringan

Makhluk hidup memiliki berbagai macam jaringan dalam tubuh mereka. Tingkat jaringan ini juga menjadi permasalahan biologi untuk melakukan studi terhadap adanya kelainan maupun penyakit yang ada pada jaringan-jaringan di tubuh makhluk hidup. Sebagai contoh adanya permasalahan biologi menyangkut gangguan jaringan saraf maupun jaringan kulit dan lain sebagainya.

Permasalahan Biologi Organ

Permasalahan biologi menyangkut tingkat organ biasanya berhubungan langsung dengan gangguan-gangguan yang terjadi pada organ itu sendiri. Misalnya seperti organ ginjal yang sudah tidak berfungsi sehingga dibutuhkan langkah pengobatan berupa cuci darah maupun cangkok ginjal. Penyakit organ hati atau yang kita kenal dengan penyakit “liver” dan lain sebagainya.

Permasalahan Biologi Sistem Organ

Pada tingkat permasalahan biologi sistem organ meliputi segala macam bentuk gangguan dimana sering terjadi pada sistem dari organ itu sendiri. Sebagai contoh penderita asfiksia dimana akan terjadi gangguan berupa penyempitan pada saluran pernapasan dan menyebabkan orang tersebut sesak nafas.

Permasalahan Biologi Individu

Pada tingkat individu biasanya masalah yang dihadapi berupa gangguan-gangguan penyakit seperti terserang virus dan juga bakteri serta bisa juga akibat penyakit yang langka. Selain itu juga bisa menyangkut maslah perkembangbiakan yang terlalu lambat seperti pada kasus badak bercula sehingga menyebabkan spesies tersebut berada di ambang kepunahan.

Permasalahan Biologi Populasi

Tingkat populasi menyangkut masalah perkembangbiakan suatu organisme pada satu lingkungan. Seperti masalah populasi nyamuk pembawa virus zika dimana akan berkembang pesat disaat saat tertentu terutama saat musim penghujan.

Masalah Biologi Komunitas

Sedangkan tingkat komunitas umumnya maslah yang terjadi akan menyebabkan putusnya rantai makanan. Sebagai contoh penangkapan ikan besar-besaran pada suatu daerah akan menyebabkan burung bangau susah mendapatkan makanan.

Permasalahan Biologi Bioma

Tingkat gangguan bioma sering terjadi saat ada campur tangan manusia seperti permasalahan pembakaran hutan guna pembukaan lahan dan lainnya.

Masalah Biologi Ekosistem

Untuk masalah tingkat ekosistem yang sering kita temui yaitu rusaknya ekosistem terumbu karang akibat bom ikan maupun pembangunan dermaga sehingga akan menyebabkan organisme yang hidup pada habitat tersebut akan hilang atau mati.

Permasalahan Biologi Biosfer

Permasalahan pada tingkatan biosfer menyangkut kehidupan di permukaan bumi hingga lapisan ozon di atmosfer, dimana dampak penipisan ozon akan mempengaruhi organisme makhluk hidup yang ada di bumi.

Itulah tadi beberapa jenis permasalahan biologi makhluk hidup yang menjadi dasar mengapa ilmu studi tentang biologi harus ada untuk dipelajari.