Membedakan Teks Laporan dan Teks Deskripsi

Kalian pasti pernah membaca teks artikel bukan? Di dalam pelajaran Bahasa Indonesia mengenai teks, terdapat berbagai macam jenis teks dimana memiliki perbedaan ciri satu dengan lainnya. Salah satunya yaitu perbedaan teks laporan hasil observasi serta teks bentuk deskripsi.

Sifat Deskripsi & Observasi

Baik itu teks laporan hasil observasi maupun teks deskripsi sebenarnya berbeda diantara keduanya.
Baik itu teks laporan hasil observasi maupun teks deskripsi sebenarnya berbeda diantara keduanya. 

Perbedaan yang paling terlihat dari kedua jenis teks tersebut yaitu terletak pada perbedaan sifatnya. Pada teks laporan observasi memiliki sifat universal dan global, sedangkan pada teks deskripsi memiliki perbedaan sifat yang individual serta unik.

Titik Berat Observasi & Deskripsi

Perbedaan lainnya yaitu pada teks bentuk deskripsi lebih menitikberatkan bentuk uraian, keadaan dan ciri dari sesuatu yang di deskripsikan pada waktu dan tempat tertentu. Sedangkan observasi titik beratnya bertahap.

Susunan Deskripsi dan Observasi

Perbedaan selanjutnya pada teks laporan bentuknya bertahap atau bisa dikatakan adanya jenjang bertingkat hubungan antara bagian-bagian yang terdapat dalam laporan observasi itu sendiri.

Berbeda dengan bentuk teks deksripsi dimana bentuk hubungan teksnya mencakup keseluruhan mengenai hal yang di deskripsikan.

Itulah tadi perbedaan perbedaan antara teks deskripsi dan laporan observasi yang bisa membantu kalian dalam melakukan sebuah penulisan.