9/02/2019

Pengertian Vascular Bundle Beserta Posisinya

Ikatan pembuluh ( Vascular bundle ) adalah salah satu bagian dari transportasi sistem pada vaskular tanaman. Sesuai namanya yaitu “vaskular” maka transportasi yang terjadi berada di jaringan pembuluh pada tanaman dalam bentuk floem dan xilem. Baik xilem maupun floem keduanya hadir dalam jaringan pembuluh sebagai bundle vascular dan bertugas sebagai pendukung serta jaringan pelindung.

vascular plengdut bundle


Posisi xilem pada jaringan ini biasanya berada dibawah posisi floem. Dari posisi ini bisa kita perkirakan bahwa xilem memiliki posisi yang lebih dekat dengan pusat batang, sedangkan floam mempunyai posisi lebih dekat dengan eksterior luar. Sementara pada daun, permukaan bagian bawah daun merupakan posisi atas tempat floem (abaxial) sedangkan posisi permukaan bagian atas daun merupakan posisi bawah (adaxial).

Itulah mengapa kebanyakan kutu daun lebih menyukai posisi bawah daun daripada berada di posisi atas daun. Salah satu hal yang menyebabkan kutu daun lebih nyaman di bagian bawah daun yaitu dikarenakan adanya gula yang diproduksi oleh tanaman dan diangkut floem pada transport vascular yang memiliki posisi berada di permukaan bawah dari daun.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.