9/01/2019

Persamaan Reaksi: Lambang, Penulisan, Koefisien, dan Langkah Menyetarakan Reaksi Kimia

Artikel plengdut kali ini akan mengulas mengenai persamaan reaksi yang ada pada pelajaran kimia. Selain itu kita juga akan belajar mengenal lambang atau simbol dalam proses ini, serta bagaimana cara penulisan persamaan dalam reaksi dan juga langkah-langkahnya untuk menyetarakan reaksi tersebut beserta koefisien yang digunakan.

Sebelum melangkah lebih jauh, mari kita pahami dulu mengenai pengertian dari persamaan pada sebuah reaksi kimia. Persamaan reaksi merupakan sebuah proses yang menggambarkan sebuah reaksi bentuk kimia dimana pada proses tersebut terdiri dari pereaksi dan juga hasil reaksi yang disertai rumus serta koefisien masing-masing. Proses ini pada hakekatnya menggambarkan sebuah reaksi kimia dari satu zat maupun lebih dimana mampu dirubah menjadi sebuah jenis zat yang baru.

Ada dua istilah zat yang digunakan dalam persamaan dari reaksi ini, yaitu zat reaktan dan zat produk. Reaktan merupakan zat-zat yang bereaksi pada proses kimia ini, sedangkan produk adalah hasil akhir zat baru yang dibentuk dari zat-zat tadi. Menurut John Dalton “pada saat reaksi berlangsung, jenis serta jumlah atom tidak akan berubah, tetapi ikatan kimia dari kedua zat tersebut yang akan berubah.”

Dengan menggunakan rumus persamaan reaksi, maka kita bisa melihat perubahan yang terjadi pada zat tersebut. Sebagai contoh yaitu reaksi antara gas Oksigen dan gas hidrogen yang membentuk zat baru yaitu air, bisa dijelaskan dengan persamaan berikut ini:

2H2(g)+O2(g)2H2O(ℓ)

Berikut ini penjelasan dari lambang yang biasanya digunakan dalam suatu persamaan pada reaksi seperti pada contoh di atas tadi:

dibaca sebagai “menghasilkan”
+ ditambahkan
(s) menjelaskan wujud zat padat atau solid
(g) menjelaskan wujud zat berupa gas
(ℓ) menjelaskan wujud zat berupa cairan atau liquid
(aq) menjelaskan wujud zat yang mudah larut dalam air atau aquous

Sekarang coba kalian perhatikan kembali lambang-lambang pada persamaan contoh reaksi diatas (yang berwarna orange), bisa dikatakan bahwa hidrogen berbentuk gas ditambah oksigen yang berbentuk gas juga akan menghasilkan air yang bentuknya liquid.

Masih pada contoh persamaan untuk reaksi diatas, sekarang kalian coba perhatikan bilangan-bilangan yang posisinya berada di depan rumus kimia dari masing-masing zat tersebut (bilangan berwarna biru). Bilangan tersebut merupakan koefisian persamaan sebuah reaksi atau bisa dikatakan juga bahwa dari contoh diatas, koefisien hidrogen adalah 2, sedangkan koefisien oksigen adalah 1, dan menghasilkan air dengan koefisien 2.

Ada 2 langkah yang digunakan dalam melakukan penulisan dari persamaan susunan reaksi, yaitu:

  1. Baik itu zat pereaksi dan juga zat hasil atau produk, rumus kimianya harus dituliskan lengkap dengan disertai keterangan tentang wujud zatnya (cair, liquid, solid atau aquos).
  2. Penyetaraan dilakukan dengan memberikan koefisien yang sesuai dengan jumlah atom setiap unsur sama pada kedua rumus.

Selain itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menulis persamaan reaksi, yaitu;

A. Koefisien

Seperti telah plengdut jelaskan sebelumnya bahwa koefisien merupakan bilangan-bilangan yang berada tepat di awal (sebelah kiri) dari rumus zat pereaksi dan hasil reaksi. Koefisien ini sendiri mewakili jumlah masing-masing unit yang ada pada reaksi.

B. Langkah untuk menyetarakan reaksi kimia

Untuk dapat melakukan penyetaraan pada persamaan reaksi, kita bisa melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Tetapkan terlebih dahulu salah satu koefisien dalam satu zat. Biasanya mulai dari yang mempunyai rumus paling kompleks dengan memberi sama dengan satu, sedangkan zat lain diberikan koefisien sementara berupa huruf.
  • Setarakan terlebihdahulu unsur yang berkaitan langsung dengan zat yang diberi koefisien satu.
  • Kemudian setarakan juga unsur yang lainnya.
persamaan plengdut reaksi kimia


Agar kalian tidak bingung dalam mempelajari persamaan model reaksi, perhatikanlah contoh berikut ini:

Reaksi dari gas metana (CH4) dengan oksigen membentuk gas karbondioksida dan uap air.

Untuk mengerjakan persamaan pola reaksi nya perhatikanlah langkah-langkah berikut:

Pertama kita tuliskan dulu rumus kimia pereaksi dan hasil reaksinya:

CH4(g)+O2(g)→CO2(g)+H2O(g)

Kedua yaitu menetapkan koefisien 1 (satu) pada rumus kima yang paling kompleks. Perhatikan rumus kimia diatas, bisa kita lihat yang paling kompleks adalah CH4 jadi kita berikan koefisien 1 menjadi CH4=1, sedangkan rumus kimia yang lain kita beri koefisien huruf misalnya a,b,c seperti berikut ini:

CH4(g)+aO2(g)→bCO2(g)+cH2O(g)

Berikutnya kita akan menyetarakan atom C serta H dan O dengan cara sebagai berikut:

  • Perhatikan jumlah dari atom C di sebelah kiri adalah 1, berarti jumlah atom di sebelah kanan yaitu b=1 juga.
  • Sekarang perhatikan jumlah dari atom H di sebelah kiri memiliki jumlah 4 (lihat CH4), sedangkan di sebelah kanan ada 2 dengan koefisien c (lihat cH2O) atau bisa kita tulis 2c. Maka untuk bisa menyamakannya 2c harus sama dengan 4 atau bisa ditulis secara matematika menjadi 2c=4, berarti c=4/2 hasilnya adalah c=2.
  • Maka hasil sementara dari reaksinya menjadi CH4(g)+aO2(g)→CO2(g)+2H2O(g)
  • Jika sudah, maka selanjutnya kita setarakan jumlah dari atom O. Di sebelah kiri jumlah dari atom O adalah 2a (perhatikan aO2). Sedangkan pada sisi sebelah kanan jumlah O menjadi 4, yaitu 2 atom O pada CO2 dan dan 2 atom O lagi pada 2H2O (karena tadi nilai c adalah 2 maka satu atom O yang dibelakang dikalikan bilangan 2 di depan H hasilnya 1×2=2). Maka jumlah seluruh atom O dikanan adalah 4.
  • atom O di kiri jumlahnya 2a, sedangkan di kanan 4, maka harus disamakan 2a di kiri harus sama dengan 4 dikanan, atau bisa ditulis 2a=4, menjadi a=4/2, hasilnya a=2. Dengan demikian persamaan bentuk reaksi akhirnya jika ditulis secara lengkap menjadi : CH4(g)+2O2(g)→CO2(g)+2H2O(g) 
Walaupun sedikit membingungkan tapi sebenarnya penulisan persamaan reaksi kimia ini cukup mudah, karena hanya melibatkan perkalian dan pembagian saja agar jumlah yang di kiri sama dengan yang dikanan. Dengan banyak berlatih menulis persamaan reaksi tadi pastinya kalian akan semakin mahir nantinya.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.