Politik Luar Negeri: Pengertian, Faktor-Faktor, Luar dan Dalam Negeri

Bagaimana politik Indonesia dengan Luar negeri? Apa saja faktor dari luar maupun dalam negeri yang mempengaruhinya? Pada saat perang dunia II telah berakhir, terdapat dua ideologi politik yang berbeda dibelahan dunia ini. Di bagian blok barat menganut politik ideologi liberal dengan dipimpin oleh Amerika Serikat, sedangkan disebelah timur lebih memiliki ideologi komunis dengan Uni Soviet sebagai negara terbesar yang menerapkan ideologi ini.

Akibat adanya ideologi yang berbeda tersebut, negara-negara akhirnya terpecah dalam penerapan dan kebijakan luar negeri yang dijalankannya. Akan tetapi ada juga negara yang tidak menganut aliran ideologi baik itu komunis maupun liberal. Sebagai contoh yaitu negara kita Indonesia dimana lebih menerapkan politik bebas aktif dalam menjalin hubungan dengan negara negeri lain. Jadi bisa dikatakan Indonesia merupakan negara netral yang menerapkan cara ini dan tidak menganut komunis juga liberal dalam berpolitik.

Pengertian

Politik luar negeri adalah bentuk arah maupun kebijakan dari suatu negara dalam mengatur hubungannya terhadap negara luar atau negara lainnya. Jadi bisa dikatakan politik sebagai bentuk hubungan luar negeri adalah kebijakan nasional dimana diabadikan untuk kepentingan nasional negara dan masih dalam ruang lingkup dari dunia internasional.

Masing-masing negara memiliki politik dalam hubungan dengan luar negara yang berbeda-beda di dunia ini. Hal ini dikarenakan politik luar atau keluar negeri suatu negara tergantung dari tujuan nasional yag ingin dicapai negara tersebut. Ada beberapa faktor yang sangat berpengaruh baik itu faktor luar negeri maupun faktor dalam negeri yang mempengaruhi politik dari luar negeri tadi. Faktor-faktor tersebut diantaranya sebagai berikut ini:

Faktor Luar Negeri

Salah satu contoh faktor luar negeri adalah globalisasi. Perkembangan faktor globalisasi menyebabkan dunia luar terasa dekat dan kecil. Dalam artian hampir tidak ada batasnya, atau bisa dikatakan untuk membentuk suatu hubungan politik dengan negara luar lainnya sangat mudah dan cepat. 

Dengan kemajuan faktor faktor teknologi dari komunikasi yang begitu cepat menyebabkan mudahnya mengakses peristiwa-peristiwa yang terjadi di negara lain untuk diketahui negara lain.
Dengan kemajuan faktor faktor teknologi dari komunikasi yang begitu cepat menyebabkan mudahnya mengakses peristiwa-peristiwa yang terjadi di negara lain untuk diketahui negara lain.


Faktor Dalam Negeri

Faktor dalam negeri juga akan mempengaruhi bentuk kebijakan luar negeri suatu negara dalam politik yang dijalankannya. Sebagai contoh faktor terjadinya pergantian pemimpin dalam pemerintahan negara. Setiap pemimpin pemerintahan tentunya mempunyai bentuk kebijakan politik sendiri terhadap politik dalam luar negeri.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.