Rumuskan Pengertian Manajemen Dalam Bidang Produksi, Pemasaran, Personalia, Keuangan dan Administrasi!

Selain 4 fungsi manajemen sebagai pengawasan, penggerakan, pengorganisasian, serta perencanaan, seperti yang telah kita pelajari dalam postingan sebelumnya, ada juga bidang-bidang manajemen yang wajib kalian ketahui. Bidang manajemen ini dikelompokan dalam bidang bentuk administrasi atau akutansi, bidang personalia, bidang keuangan, bidang pemasaran serta pada bidang produksi.

Untuk mengetahui pemahaman bidang-bidang tersebut lebih lanjut sebagai jawaban soal pertanyaan pada judul postingan ini, mari kita simak penjelasan plengdut berikut ini:

Produksi

Manajemen produksi adalah bentuk dari pelaksanaan aktivitas atau kegiatan yang digolongkan dalam manajerial seperti contohnya perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penggerakan (actuating) serta pengawasan (controlling) pada sistem-sistem dari produksi itu sendiri sebagai bentuk tujuan efesiensi serta efektifitas dari produksi yang sedang berjalan.

Salah satu kegiata controlling yang masuk manajemen jenis produksi
Salah satu kegiata controlling yang masuk manajemen jenis produksi


Pemasaran

Manajemen pemasaran adalah kegiatan penerapan fungsi manajemen di dalam aktivitas penyerahan barang maupun jasa kepada masyarakat atau konsumen dengan tujuan memperluas pasar untuk kemajuan industri maupun perusahaan yang mengeluarkan produk tersebut.

Sedangkan menurut American Marketing Association;

Kegiatan marketing merupakan salah satu langkah pemasaran
Kegiatan marketing merupakan salah satu langkah pemasaran


Commite pemasaran, manajemen pemasaran merupakan kegiatan manajemen perdagangan yang meliputi aliran barang juga jasa dari tempat produsen berasal ke tangan pemakai atau konsumen. Pendapat lainnya juga pernah disampaikan oleh Prof. Malcom Mc Hair yang merumuskan pemasaran manajemen sebagai penciptaan serta penyerahan suatu standard hidup kepada masyarakat. Sehingga pemasaran meliputi bentuk usaha guna memuaskan kebutuhan pembeli serta penjual.

Personalia

Manajemen personalia adalah ilmu dan seni dalam melakukan pengorganisasian, perencanaan, penggerakan serta pengawasan di dalam pengembangan, pengadaan, pemberian kompensasi, pengintegrasian serta pemeliharaan terhadap SDM dengan terpadu guna mencapai tujuan organisasi. Manajemen jenis personalia ini juga sering di sebut sebagai manajeman SDM yang berkaitan erat dengan sumber daya manusia.

Keuangan

Manajemen keuangan adalah macam aktivitas dari fungsi manajemen yang bertugas sebagai pemenuhan dalam kebutuhan dari finansial dimana berkaitan erat dengan aktivitas organisasi serta operasional dalam perusahaan atau industri tersebut.

Administrasi / Akutansi

Manajemen administrasi adalah cara untuk mengajukan informasi mengenai administrasi maupun akutansi yang sedemikian rupa sehingga dapat membantu manajemen dalam menentukan garis kebijakan serta operasional sehari-hari dari suatu usaha yang dijalankan. Biasanya target administrasi manjemen atau akutansi manajemen ini yaitu memberikan laporan mengenai keadaan finansial atau keuangan yang dimiliki perusahaan maupun industri produksi tersebut.