Mirip Alien, Saccorhytus Coronarius Di Klaim Sebagai Garis Evolusi Manusia Yang Hilang

Tanpa mata, dan terlihat berbentuk butiran seperti bola yang agak lonjong dengan mulut yang dipenuhi taring-taring tajam menyerupai kepala alien dalam karakter film-film fiksi. Jenis hewan seperti ini ternyata pernah hidup di bumi kita. Memiliki nama ilmiah Saccorhytus Coronarius dan di nyatakan sebagai salah satu jejak evolusi dari nenek moyang manusia yang telah lama hilang ditemukan dalam bentuk fosil di daerah Cina.

Tepatnya di Xixiang provinsi Shaanxi wilayah Cina tengah, fosil Saccorhytus Coronarius ditemukan sebanyak 45 spesimen dalam bentuk formasi Kuanchuanpu oleh gabungan peneliti dari Cina, Inggris dan Jerman. Penemuan jejak evolusi yang hilang ini juga telah dipublikasikan tanggal 30 Januari 2017 di jurnal Nature dengan judul: Meiofaunal deuterostomes from the basal Cambrian of Shaanxi (China). Jian Han et alNature, terbit online Januari 30, 2017; doi: 10.1038/nature21072

Detail Saccorhytus Coronarius yang dipublikasikan oleh Nature.
Detail Saccorhytus Coronarius yang dipublikasikan oleh Nature.


Jika kalian lihat gambar Saccorhytus secara detail diatas, maka Saccorhytus hidup di era Paleozoikum Kambrium (Paleozoic Cambrian) atau bisa dikatakan bahwa Saccorhytus berasal dari jaman yang paling tua berjuta-juta tahun yang lalu. Atau bisa di bilang lebih tua dari masa T-rex dan dunia Jurassic.

Tubuh luar Saccorhytus dilapisi oleh kulit tipis dengan beberapa pori-pori yang diperkirakan berfungsi untuk mengeluarkan kembali air yang masuk dari mulut mereka. Cara kerja ini sama dengan insang ikan yang hidup di masa saat ini. Selain itu Saccorhytus tidak memiliki organ anus, sehingga para ilmuwan memperkirakan hewan aneh ini (Saccorhytus) akan makan dan membuang sisa-sisa makanan melalui lubang yang sama di mulut Saccorhytus.