Sebutkan dan Gambarkan Tingkatan Organisasi Koperasi?

Organisasi koperasi adalah sistem pengaturan dari orang-orang di dalam melakukan aktivitas maupun kegiatan untuk mencapai sebuah tujuan dalam koperasi baik itu meningkatkan kesejahteraan anggota pada khususnya maupun kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Pengertian koperasi tadi menjelaskan bahwa sebuah koperasi merupakan organisasi terdiri atas kumpulan orang-orang dan bukanlah kumpulan modal dimana kekuasaan koperasi yang tertinggi terletak pada hasil rapat anggota koperasi serta memiliki tujuan meningkatkan kesejahteraan anggota (dalam wadah koperasi) dan bukan hanya keuntungan saja yang dicari.

Dalam Undang-undang no.25 Tahun 1992 Bab IV Pasal 6 juga disebutkan syarat untuk membentuk koperasi yaitu:
  1. Paling sedikit 20 orang untuk koperasi primer
  2. Paling sedikit 3 koperasi untuk membentuk koperasi sekunder

Adanya persyaratan dalam UU tadi digunakan sebagai bentuk menjaga kelayakan usaha serta kehidupan koperasi. Begitu juga orang yang akan menjadi anggota koperasi harus memenuhi persyaratan organisasi dari keanggotaan koperasi serta mempunyai kepentingan dalam bidang ekonomi yang sama juga.

Tingkatan Koperasi

Dari keanggotaan koperasi dimana terdiri dari kumpulan orang serta badan hukum koperasi seperti persyaratan dalam UU diatas, maka ada bentuk tingkatan organisasi dalam koperasi seperti berikut ini:
  1. Koperasi primer adalah bentuk koperasi dimana memiliki anggota sekurang-kurangnya 20 orang dengan ruang lingkup kerjanya ada pada tingkatan kecamatan maupun desa saja.
  2. Koperasi pusat adalah koperasi dengan anggota terdiri dari minimal 5 organisasi koperasi bentuk primer dimana ruang lingkupnya pada tingkatan kotamadya maupun kabupaten.
  3. Koperasi gabungan adalah kumpulan koperasi dengan anggota 3 organisasi koperasi pusat (minimal) dengan lingkup kerja pada tingkatan provinsi maupun daerah yang disamakan.
  4. Koperasi induk adalah jenis koperasi yang beranggotakan minimal 3 organisasi koperasi gabungan dengan daerah kerja pada tingkatan nasional.

Tingkatan dari organisasi pada koperasi tadi juga bisa di gambarkan seperti berikut ini:

Gambar tingkatan dari organisasi yang ada dlm koperasi
Gambar tingkatan dari organisasi yang ada dlm koperasi