Menghitung Jarak dari Kota B dengan Kota A Menggunakan Skala Perbandingan Peta

Masih bingung dengan skala peta? Buku bacaan online plengdut pada artikel ini akan membahas mengenai skala pada peta dan bagaimana contoh cara menggunakan perbandingan skala tersebut terutama dalam menghitung jarak antara objek peta (misalnya, contoh; menghitung kota yang satu dengan kota lainnya). Skala yang paling umum digunakan dalam sebuah peta dan juga sering kalian jumpai adalah bentuk skala perbandingan berupa angka saja juga skala batang yang menyerupai batang dengan tertera ukuran di tiap ruas batangnya (biasanya diberi warna hitam putih). Agar kalian tidak bingung, mari kita lihat contoh gambar dibawah ini:

Contoh gambar skala dari peta bentuk perbandingan (dilingkari merah) dan skala bentuk batang (di bawah skala bentuk perbandingan)
Contoh gambar skala dari peta bentuk perbandingan (dilingkari merah) dan skala bentuk batang (di bawah skala bentuk perbandingan)
Pada gambar diatas, skala dengan lingkaran merah dalam peta adalah contoh bentuk perbandingan, sedangkan di bagian bawahnya merupakan skala contoh jenis batang. Kali ini yang akan kita bahas adalah skala angka perbandingan terlebih dahulu, sedangkan untuk peta dengan skala batang akan kita bahas di artikel berikutnya.

Skala yang ada pada peta adalah bentuk perbandingan antara jarak yang ada di peta dengan jarak sesungguhnya di muka bumi. Lihat kembali gambar diatas untuk skala dari perbandingan ditulis 1:320000. Angka 1 pada skala mewakili jarak peta, sedangkan angka 320000 mewakili jarak sesungguhnya atau bisa kita tulis (Jarak peta) : (jarak sesungguhnya) = 1:320000.

Pada umumnya satuan skala tidak ada, jadi satuan skala akan ada tergantung alat ukur yang kita gunakan pada skala peta jika kita mengukur peta tersebut. Sebagai contoh jika kita mengukur skala jarak dari objek A ke objek B menggunakan mistar/penggaris pada peta dan kita dapatkan jarak tersebut adalah 1 cm maka jika skalanya peta seperti gambar diatas yaitu 1:320.000 maka jarak 1cm di peta mewakili jarak 320.000cm pada muka bumi (sesungguhnya) atau bisa kita jadikan km menjadi 1cm di peta = 3,2km di muka bumi.

Salah satu kelemahan penggunaan skala angka perbandingan peta ini yaitu jika peta tersebut di copy dan diperbesar maupun diperkecil maka skala tadi menjadi tidak valid lagi atau tidak sesuai dengan jarak yang sesungguhnya. Itulah sebabnya muncul jenis skala bentuk batang yang mampu mengatasi masalah ini jika terjadi pembesaran atau pengecilan ukuran peta. Hal ini dikarenakan skala batang mampu menghitung mengikuti perbesaran maupun pengecilan yang terjadi pada peta jika di copy.

Agar kalian lebih paham lagi mengenai skala perbandingan angka ini, perhatikanlah contoh menghitung berikut ini:

Diketahui contoh:

Peta dengan skala 1:2.000.000, hasil pengukuran jarak pada peta antara kota A dan kota B menggunakan mistar yaitu sebesar 3cm. Berapakah jarak kota sesungguhnya?

Jawaban contoh:
  1. Berikan satuan pada contoh skala sesuai dengan satuan mistar kalian (dalam hal ini cm) sehingga satuan skala menjadi 1cm : 2.000.000cm atau dibaca 1cm di peta mewakili 2juta cm di sesungguhnya.
  2. Hitung jarak sesungguhnya dengan rumus; (jarak sesungguhnya) = (jarak dalam peta)/(skala)
  3. Sehingga di dapat: jarak sesungguhnya = (3)/(1:2.000.000) = (3/1) : (1/2.000.000) = (3/1) x (2.000.000/1) [ingat pembagian secara bersilang, dimana pecahan pembagi dalam hal ini 1/2.000.000 dibalik menjadi 2.000.000/1 dan dikalikan dengan bilang yang dibagi yaitu 3/1] = 6.000.000/1 atau bisa dituliskan 6.000.000 saja.
  4. Jadi didapat jarak kota sesungguhnya adalah 6.000.000cm atau contoh jika dijadikan jarak km menjadi 60km.

Ada beberapa contoh rumus dari menghitung skala dalam peta yang nantinya akan kalian sering gunakan, yaitu:



Jika jarak sesungguhnya yang dicari, maka contoh rumusnya:

menghitung jarak sesungguhnya = jarak dalam peta / skala


Jika yang dicari skala, rumusnya menjadi seperti contoh berikut:

menghitung skala = jarak dalam peta / jarak sesungguhnya


contoh berikutnya apabila yang dicari adalah jarak di peta, maka rumusnya menjadi:

menghitung jarak dalam peta = skala X jarak sesungguhnya


Itulah tadi beberapa contoh rumus dan contoh cara menghitung maupun membaca jarak & skala pada peta, semoga bisa membantu semuanya dalam kegiatan belajar mengajar mengenai peta.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.