Venus: Si Bintang Fajar & Senja dengan Panas Planet Tertinggi Dalam Sistem Tata Surya

Taukah kalian apa planet terpanas pada tata surya kita? Pada artikel belajar ini akan plengdut ulas mengenai planet venus dimana merupakan planet dengan suhu panas tertinggi yang ada dalam tata surya kita. Akan tetapi sebelum kita mulai, kita perlu tau planet apa saja yang jaraknya paling dekat dengan matahari.

Pada sistem dalam tata surya terdapat dua planet dengan jarak orbit terdekat dengan matahari. Kedua planet ini yang pertama adalah merkurius, sedangkan kedua adalah venus. Namun pada kenyataannya venus memiliki suhu panas yang melebihi suhu merkurius. Sehingga sering disebut dengan planet paling panas. Sekarang menjadi pertanyaan, mengapa venus mempunyai panas melebihi merkurius?

Penyebab Panas Venus

Istilah planet kebumian atau planet saudara bumi disandang venus karena gravitasi venus dan komposisi venus menyerupai bumi.

Orbit venus dari matahari berjarak 108 juta km dengan periode venus mengorbit selama kurang lebih 224.65 hari lamanya (klik untuk menjalankan animasi)
Orbit venus dari matahari berjarak 108 juta km dengan periode venus mengorbit selama kurang lebih 224.65 hari lamanya (klik untuk menjalankan animasi)


Akan tetapi satu hal wajib kalian ketahui bahwa venus juga memiliki banyak perbedaan terutama dalam kadar banyaknya masing-masing komposisi yang terkandung di venus.

Sebagai contoh kandungan atmosfer venus dengan karbon dioksida CO2 hingga mencapai 96%. Pencitraan venus dari beberapa gambar juga menunjukan planet tersebut memiliki lapis awan venus cukup tebal. Pada bagian permukaan, rata-rata suhu venus mencapai 863ºF atau 462ºC dan setara dengan 735K.

Selain itu suhu konstan relatif terjadi di venus baik itu siang dan malam. Jadi jika dibandingkan dengan bumi dimana siang hari memiliki suhu yang sukup panas tapi dimalam hari suhu akan turun sehingga terasa dingin, hal ini berbeda dengan kondisi venus malam hari dan siang hari akan tetap sama suhunya. Ketidakmampuan venus menangkap karbon pada batuan serta tidak adanya organisme organik yang memiliki kemampuan menyerap karbon pada bentuk biomassa menyebabkan kandungan karbon venus cukup tebal serta menjadi penyebab suhu meningkat panas. Proses daur karbon ini dikenal dengan istilah siklus karbon yang tidak dimiliki venus.

Kandungan asam sulfat venus terutama pada awan bisa dikatakan cukup reflektif. Itulah sebabnya mengapa permukaan venus tidak mampu terlihat dari pencitraan luar angkasa.

Awan kabut venus menyelimuti seluruh planet serta tidak terlihat permukaannya dari pencitraan angkasa.
Awan kabut venus menyelimuti seluruh planet serta tidak terlihat permukaannya dari pencitraan angkasa.


Lalu, apakah venus pernah mempunyai samudera atau sumber air? Kemungkinan dahulu kala venus punya sumber air dan samudera, namun akibat panas yang menimbulkan efek rumah kaca berkepanjangan menyebabkan proses terfotodisosiasi air atau menguapnya air akibat panas sehingga hidrogen bebas menjadi terlepas ke ruang angkasa dan sumber air pun hilang. Aktivitas vulkanik venus menyebabkan terjadinya proses pembaharuan batuan yang terjadi secara periodik dengan permukaan lainnya berupa gurun.

Cahaya Venus

Nama venus menurut mitologi romawi diambil dari kata kecantikan serta dewi cinta dimana jika dalam mitologi yunani kuno masih berhubungan dengan dewi Aphrodite. Venus sering disebut juga sebagai bintang senja dan bintang fajar.

Hal ini disebabkan venus akan tampak menyerupai bintang bercahaya terang saat senja serta saat fajar tiba. Bisa juga dikatakan bahwa setelah bulan, objek cerah berikutnya venus akibat adanya magnitudo -4,6 sehingga kecerahan venus menyerupai sebuah bintang. Saat matahari akan terbit dan saat matahari tenggelam merupakan titik bintang paling cerah venus sebagai bintang bercahaya.