Pengertian dan Fungsi dari Cakram (Disc) Warna

Cakram warna adalah alat sederhana berbentuk lingkaran disc dengan 7 segmen warna spektrum seperti susunan warna pelangi pada cakram tersebut. Cakram dengan susunan warna ini merupakan hasil penemuan Isaac Newton dimana saat itu Newton ingin membuktikan bahwa cahaya putih merupakan fungsi kombinasi hasil dari tujuh warna tersebut.

Alat cakram ini merupakan eksperimen sederhana yang dibuat Newton dan bisa dicoba juga di rumah. Seperti yang telah plengdut jelaskan diatas bahwa cakram kombinasi warna spektrum pada pelangi tersebut jika diputar akan menghasilkan warna putih dimana prinsip kerja cakram mengikuti prinsip dispersi cahaya. Fungsi penelitian Newton tersebut membuktikan bahwa cahaya berwarna putih terdiri dari semua macam warna yang ada pada spektrum.

Masih ingatkah apa saja spektrum pelangi? Merah, Jingga, Kuning, Hijau, Biru, Nila, dan Ungu merupakan susunan warna pelangi yang kita kenal. Untuk membuat disk cakram Newton tadi, perhatikan video berikut ini:


Penjelasan disc cakram:
Siapkan lem, penggaris, pensil, gunting, seutas tali wol, kardus bekas, gelas plastik, styrofoam (bisa diganti kertas putih jika tidak punya) dan spidol mewarnai (merah, orange, hijau, biru, kuning dan ungu). Untuk nila tidak digunakan karena jarang ada spidol berwarna nila, sehingga cakram yang dibuat akan memiliki 6 segmen saja.

Berikutnya gunting kertas putih menjadi agak bulat, lalu ambil gelas plastik dan buatlah cetakan cakram diatas kertas putih tadi menggunakan pensil. Setelah itu ambil penggaris dan bagi lingkaran tersebut menjadi 6 bagian yang sama.

Warnai masing masing bagian cakram secara berurutan (berlawanan arah jarum jam) mulai dari merah, jingga, kuning, hijau, biru dan ungu. Kemudian jika sudah, gunting lingkaran tadi dan tempelkan pada kardus.

Pada sekitar pusat lingkaran buatlah 2 lubang menggunakan paku atau alat tusuk lainnya. Masukan tali pada kedua lubang cakram kemudian hubungkan tali tadi. Cakram telah selesai dibuat, sekarang cobalah putar putar tali tersebut dan mainkan cakram menggunakan gaya tarik-renggang sehingga cakram akan berputar dan lihat hasil warnanya.

Apabila memiliki printer berwarna dirumah, berikut ini sudah plengdut sediakan 7 bagian cakram disc dimana bisa kalian print dan langsung tempelkan pada kardus. Selanjutnya tinggal mengikuti langkah melubangi dan memasang tali seperti diatas. Selamat mencoba.

Print, gunting dan tempel cakram disk newton berikut ini
Print, gunting dan tempel cakram disk newton berikut ini