Apa Itu Youtube?

YouTube adalah situs web berbagi video dimana kalian bisa menonton video jenis apa saja dan membagikan video hasil karya kalian. Jutaan pengguna di seluruh dunia telah membuat akun di situs yang memungkinkan mereka mengunggah video agar dapat ditonton siapa saja. Berbagai macam video telah diunggah  di youtube tiap menit bahkan tiap detik dari seluruh dunia.

Mulai dari video anak kucing, band rock indie, komedi stand-up, trik trik konyol, iklan televisi jadul, sekolah musikal, proyek film sekolah, film rumahan, klip berita, blog video pribadi dan lain sebagainya disajikan oleh pengguna youtube. Pengguna telah mengunggah jutaan klip video, dan siapa pun bisa menonton youtube di browser web atau aplikasi handphone tanpa biaya.

Sebagian besar video YouTube adalah clip amatir, diproduksi oleh nonprofesional dengan kamera web sederhana atau camcorder hingga kamera handphone. Walaupun tergolong video amatir, justru video youtube menjadi daya tarik sendiri bagi penonton, baik itu video kegiatan pribadi maupun video-video yang menyuguhkan tayangan kegiatan favorit kita seperti berkebun, bermain dan lainnya. Selain video amatir, ada juga video klip profesional yang di rancang untuk melayani atau mempromosikan produk maupun bisnis tertentu.

Bisnis kecil dan besar saat ini telah memanfaatkan YouTube. Bahkan, YouTube adalah media baru terfavorit untuk pemasaran online; jika bisnis kalian memiliki komponen online atau berencana mengembangkan sayap bisnis di jagat maya, kalian wajib  dan harus mempromosikannya melalui video YouTube baik itu untuk memperkuat branding maupun pemasaran.
Bisnis kecil dan besar saat ini telah memanfaatkan YouTube. Bahkan, YouTube adalah media baru terfavorit untuk pemasaran online; jika bisnis kalian memiliki komponen online atau berencana mengembangkan sayap bisnis di jagat maya, kalian wajib  dan harus mempromosikannya melalui video YouTube baik itu untuk memperkuat branding maupun pemasaran.

Alasan Pengembangan Youtube?

Berbicara mengenai alasan pengembangan youtube pastinya kita akan berbicara mengenai para pendiri youtube dimana akan plengdut.com sajikan dalam postingan lain mengenai sejarah berdirinya youtube. Akan tetapi untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada satu alasan kuat mengapa youtube dirancang dan kenapa youtube diciptakan untuk publik.

Salah satu alasannya yaitu mengenai "ukuran file video". Ada apa dengan file video? Umumnya file video memiliki size besar sehingga menjadi kendala saat akan dikirim menggunakan email ditambah lagi saat itu kecepatan internet terbatas sehingga untuk melakukan proses upload dan download membutuhkan waktu lama.

Para pendiri youtube kemudian merancang youtube sebagai media untuk berbagi clip video dimana pengguna hanya dengan membagikan link url video mereka maka dapat ditonton orang lain tanpa harus mendownload video tersebut. Saat itu youtube difungsikan sebagai arsip video asli untuk dibagikan. 

Seiring dengan perkembangan itu, youtube digunakan untuk menyimpan arsip klip, lagu, lelucon, bahkan sebagai media pemasaran perusahaan untuk mempromosikan produk mereka. Bahkan saat ini banyak creator youtube berlomba-lomba meraih jutaan hingga miliaran rupiah dari konten hasil ciptaan mereka dikarenakan adanya fitur monetize youtube.

Saat ini istilah "video viral youtube" menjadi umum. Ini merujuk pada video klip youtube yang sangat disukai orang sehingga mereka membagikan tautannya melalui email dan sosial media dengan jutaan orang lain di seluruh dunia sehingga menyebar cepat seperti virus. Perusahaan telah menyadari bahwa mereka dapat memanfaatkan kemampuan youtube untuk menjangkau pelanggan potensial dan telah membuat akun YouTube mereka sendiri untuk memposting iklan dan video pemasaran lainnya.

Perusahaan film dan televisi mempertahankan kontrol ketat atas konten mereka sendiri dan memblokir konten berbagi secara ilegal dari program mereka. Namun, beberapa tv sekarang menggunakan YouTube untuk memungkinkan penggemar melihat trailer berkualitas tinggi atau pengulangan acara yang baru tayang. Sebut saja chanel-chanel tv seperti .NET tv, Indosiar bahkan sampai Production House (PH) mereka mulai konsisten berbagi di chanel youtube official mereka.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.

Note: Only a member of this blog may post a comment.