Apa Kegunaan Youtube?

Pada postingan plengdut sebelumnya "apa itu youtube?" telah plengdut bahas mengenai deskripsi singkat Youtube. Untuk mengingat kembali, Youtube merupakan website layanan berbagai video dimana pengguna dapat menonton, menyukai, berbagi, saling berkomentar, dan mengunggah video mereka sendiri. 

Seiring dengan perkembangan Youtube, situs layanan video tersebut saat ini tidak hanya bisa dapat diakses di PC, laptop dan tablet, akan tetapi sudah bisa diakses juga melalui ponsel menggunakan aplikasi Youtube (Youtube App) dan browser handphone. Tapi taukah kalian apa saja fungsi youtube? Apa manfaat Youtube? Serta apa kegunaan youtube bagi kita, terutama kaum pelajar dan remaja? Kesemuanya akan plengdut bahas di artikel kali ini.

Apa Fungsi Utama YouTube?

Beberapa fungsi utama youtube yaitu:

  1. Fungsi untuk mencari dan menonton beragam video 
  2. Fungsi membuat channel saluran YouTube pribadi
  3. Fungsi mengunggah video ke channel milik pribadi
  4. Fungsi bersosialisasi seperti mengirimkan Suka / Komentar / bagikan video YouTube lainnya
  5. Fungsi  berlangganan / mengikuti saluran dan pengguna YouTube lainnya
  6. Fungsi  membuat daftar putar untuk mengatur video dan untuk mengelompokkan video bersama

Mengapa Remaja Suka YouTube?

YouTube adalah layanan gratis untuk digunakan dan dapat menjadi tempat bagus bagi remaja untuk menemukan hal-hal yang mereka sukai. Mulai digunakan untuk menyalurkan kreatifitas, hobi, atau digunakan untuk belajar berbagai macam tutorial. Bagi banyak anak muda, YouTube digunakan untuk menonton video musik, acara komedi, tutorial, resep, DIY, dan bahkan digunakan sebagai sumber rejeki dengan adanya fitur monetize Youtube, kegunaan promosi serta jualan. Remaja juga menggunakan layanan berbagi video untuk mengikuti vloggers favorit mereka (blogger video), berlangganan YouTuber dan selebritas lain yang mereka minati.

Batasan usia

Untuk mendaftar akun YouTube, pengguna harus berusia 18 tahun atau 13+ dengan izin orang tua. Namun pembaruan terbaru untuk umur di negara hukum Irlandia dirubah menjadi 16 tahun, sehingga youtube tidak dapat digunakan oleh remaja dibawah 16 tahun di negara tersebut: 

"Under the new E.U General Data Protection Regulation (GDPR), Ireland has now set the Digital Age of Consent to 16 years old. This means young people under the age of 16 in Ireland are not allowed to access this platform."

artinya:

"Di bawah Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR) E.U yang baru, Irlandia sekarang telah menetapkan Digital Age of Consent menjadi 16 tahun. Ini berarti anak muda di bawah usia 16 di Irlandia tidak diizinkan mengakses platform Youtube ini."

Sebenarnya pengguna tidak perlu masuk untuk mengakses situs web atau melihat video. Selain itu ada aplikasi versi anak YouTube yang tersedia untuk diunduh serta digunakan secara gratis. Youtube anak dirancang untuk anak-anak berusia 3 hingg 8 tahun dan digunakan agar memudahkan anak-anak serta orang tua untuk menemukan konten apa yang mereka minati. Info lebih lanjut aplikasi YouTube Kids.

Apa Resikonya?

YouTube adalah tempat yang tepat untuk menemukan hal-hal baru, belajar dan mendapatkan hiburan, namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang tua dan remaja ketika menggunakan layanan ini.

Konten yang tidak pantas

YouTube memiliki lebih dari satu miliar pengguna dan dengan perkiraan 300 jam rekaman yang diunggah per menit, tidak semuanya cocok untuk anak-anak.

Tetapi Anda dapat membantu meminimalkan risiko anak Anda menemukan konten yang mungkin tidak sesuai untuk mereka. Jika Anda atau anak Anda melihat sesuatu yang tidak pantas, pengguna dapat menandai video dengan YouTube. Untuk info lebih lanjut tentang kegunaan menandai konten yang tidak pantas, kunjungi: google.com/youtube/

Perundungan siber

Sayangnya, orang dapat mengalami komentar negatif dan intimidasi pada layanan youtube terutama melalui fungsi komentar (pengguna YouTube dapat mengomentari video pengguna lain). Jika anak Anda memiliki saluran / profil YouTube, sebaiknya sarankan mereka menonaktifkan komentar di profil / saluran mereka sendiri. Ini dapat dilakukan dengan sangat mudah melalui pengaturan dan membantu meminimalkan risiko mengalami komentar negatif. Jika anak Anda mengalami pelecehan di YouTube, Anda dapat memblokir dan melaporkan pengguna tersebut.

Lihat di bawah untuk info lebih lanjut tentang melaporkan dan memblokir pengguna Youtube

Blokir Pengguna: google.com/youtube/block

Laporkan Penyalahgunaan: youtube.com/reportabuse



Kiat untuk Menjaga Anak Anda Aman di YouTube

1. Mengelola Pengaturan Privasi

Ketika pengguna mengunggah video ke YouTube, secara default kegunaan video diatur ke publik, yang berarti siapa pun dapat melihat video. Bergantung pada usia anak Anda, Anda harus mendiskusikan pengaturan apa yang terbaik untuk digunakan jika anak Anda mengunggah rekaman ke YouTube. Anda dapat dengan mudah beralih video ke pribadi atau tidak terdaftar (dipublikasikan di YouTube tetapi tidak dapat ditemukan tanpa tautan langsung ke video).

Anda juga dapat mengundang orang untuk melihat video Anda menggunakan Google Circles. Harap perhatikan, Anda harus menautkan saluran Anda dengan Google account untuk berbagi video pribadi dengan pengguna lain. Menghubungkan saluran YouTube ke profil sosmed lain juga bisa membantu untuk menemukan fans yang menyukai video kita.
Anda juga dapat mengundang orang untuk melihat video Anda menggunakan Google Circles. Harap perhatikan, Anda harus menautkan saluran Anda dengan Google account untuk berbagi video pribadi dengan pengguna lain. Menghubungkan saluran YouTube ke profil sosmed lain juga bisa membantu untuk menemukan fans yang menyukai video kita.

2. Atur Kontrol Orang Tua

Orang tua harus menetapkan batasan usia dan kegunaan kontrol orangtua di YouTube. Lihat cara mengatur kontrol orangtua.

3. Nonaktifkan Komentar di YouTube

YouTube memungkinkan Anda untuk menonaktifkan komentar sepenuhnya pada video atau pengguna memiliki opsi untuk menyetujui setiap komentar sebelum dipublikasikan, kegunaan ini dapat membantu menghindari risiko mengalami cyberbullying. Lihat cara menonaktifkan komentar.

4. Gunakan Mode Keamanan

YouTube memiliki mode Keamanan, pengaturan yang memberi pengguna kesempatan untuk melarang konten dewasa. Ini adalah kegunaan pengaturan "opt-in", yang berarti tidak akan berlaku sampai Anda mengaktifkannya. Pengaturan memfilter hasil pencarian untuk menghapus video dengan konten dewasa atau video yang telah dibatasi usia, yang berarti bahwa konten tersebut tidak akan muncul dalam pencarian video, video terkait, daftar putar, acara atau bagian film. Meskipun tidak ada sistem penyaringan yang 100 persen akurat, kami menyarankan agar orang tua dari anak kecil mengaktifkan fitur ini.

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.

Note: Only a member of this blog may post a comment.