Apakah Video Youtube Tepat untuk Bisnis?

Plengdut.com akan menggaris bawahi pertanyaan tersebut di awal postingan ini: Jika dilakukan dengan benar, YouTube dapat memberikan keuntungan besar bagi pemasaran sahabat. Karena YouTube memberikan audiens dalam jumlah besar untuk total investasi yang sangat sedikit. Hal tersebut menjadi impian para marketer untuk mempelajari youtube.

Mengapa harus dilakukan dengan benar? Sebab Youtube memiliki kesamaan dengan saudaranya yaitu Blogger dalam langkah optimasi, yang membedakan hanya masalah konten berupa video pada youtube dan artikel pada blogger. Keduanya memiliki persamaan perlakuan optimasi dikarenakan masih dalam payung raksasa pencari Google.

Dari sekian banyak faktor optimasi youtube, plengdut akan membocorkan satu tips optimasi (sisanya cari sendiri) bagi pemula youtube yaitu:

"Jangan pernah mengosongkan kolom deskripsi Youtube, dan selalu ingat bahwa deskripsi wajib mempresentasikan konten Youtube sahabat"

Apakah deskripsi begitu penting? Mari plengdut jelaskan dengan sedikit praktek dan bisa sahabat ikuti melalui pc, laptop, maupun handphone yang sahabat pegang saat ini. 

Praktek Fungsi Youtube Deskripsi

Tugas: Mencari Video Resep Soto

Praktek 1

  1. Buka browser chrome dan masuk google.com.
  2. Ketik di kolom pencari kata "Resep Soto".
  3. Buka menu video pada menu bagian bawah search box.
  4. Muncul list video teratas, perhatikan pemilik video serta deskripsi video yang ikut tampil.

Praktek 2

  1. Buka Youtube.com
  2. Pada kolom pencarian, ketik kata "Resep Soto"
  3. Muncul list video, sekali lagi perhatikan deskripsi serta pemilik video teratas.

Dari kedua praktek tersebut bisa terlihat bahwa deskripsi bisa membantu klip youtube agar tampil tidak hanya di youtube namun juga di search engine seperti google. Meskipun konten video kalian tidak viral, dengan bantuan deskripsi tersebut konten menjadi mudah ditemukan dan akan terus menerus mendapatkan pengunjung. 

Inilah yang disebut "pencarian by interest" atau "pencarian berdasarkan ketertarikan/kebutuhan" atau dalam dunia SEO dikenal dengan organic traffic.
Inilah yang disebut "pencarian by interest" atau "pencarian berdasarkan ketertarikan/kebutuhan" atau dalam dunia SEO dikenal dengan organic traffic. 
Selama ada yang mencari resep soto, maka video tersebut tidak akan pernah sepi pengunjung.
Selama ada yang mencari resep soto, maka video tersebut tidak akan pernah sepi pengunjung. 

Sebagai buktinya perhatikan total view pada video teratas, apakah cara membuat soto pernah viral? Jawabannya tidak pernah, view sebesar itu terkumpul dari pengguna yang sedang belajar atau ingin tau cara membuat soto. Berbeda dengan viral, dimana konten hanya booming sesaat dan akan hilang dengan sendirinya dikarenakan sifat konten video viral umumnya berdasarkan traffic tipe referal (rujukan/share) lebih mendominasi dibanding "kebutuhan" kontent tersebut.

Lalu bagaimana jika video tersebut di sisipi produk seperti kecap, micin, penyedap dan lain sebagainya. Sudah tentu brand sahabat juga akan ditonton terus menerus oleh warga Youtube. 

Plengdut Quest: Bagaimana juga jika youtube dikolaborasikan dengan website/blog, apakah hasilnya bagus atau buruk?

Youtube Pemasaran Video Online Berbiaya Rendah

Mari kita lihat dulu biaya Youtube. Bisnis besar telah lama menggunakan pemasaran video, terutama dalam bentuk iklan televisi tradisional. Tetapi perlu sahabat tau bahwa iklan televisi itu mahal terutama di jam-jam ramai penonton, dan biasanya untuk paket iklan murah justru iklan sahabat akan tayang di jam jam traffic rendah, seperti saat Maghrib, tengah malam, atau hanya sebatas di area saluran tv lokal.

Namun, berkat YouTube, perusahaan besar dan kecil mampu memasarkan diri mereka sendiri melalui video online. Biaya memposting video ke situs YouTube adalah nol rupiah (non iklan); tepat .. YouTube tidak membebankan biaya apa pun untuk mengunggah, menghosting, atau stream video. Satu-satunya biaya adalah biaya pembutan, pengolahan dan pengeditan video di luar youtube, yang bisa serendah yang sahabat inginkan; perlu diingat juga bahwa tidak selalu video profesional bakal banyak ditonton user youtube, bahkan video-video amatir dengan konten menarik akan mendatangkan pengunjung 24 jam nonstop jika kontennya memang tepat banyak dibutuhkan/dicari pengguna youtube. Ini membuat pemasaran YouTube terjangkau untuk hampir semua bisnis.

Tontonan Menarik

Tetapi apakah video merupakan cara tepat untuk mempromosikan bisnis sahabat? Jika sahabat tidak pernah membuat iklan video atau televisi, Anda mungkin tidak yakin. Tetapi dalam banyak kasus, video pendek dapat memiliki efek positif yang luar biasa pada lalu lintas situs web dengan channel youtube.

Sahabat bisa membuat official youtube untuk produk bisnis kalian, isi dengan materi konten menarik dan banyak dicari pemirsa. Sisipkan produk dalam video tersebut, perbanyak teknik soft selling dan kurangi hard selling agar penonton tidak mudah bosan.

Itulah tadi materi belajar plengdut.com tentang konten youtube sebagai media bisnispaling tepat, untuk pembahasan mengenai iklan youtube akan plengdut bahas di postingan lainnya.