Dekomposer, Ekosistem, Produsen & Konsumen

Produsen, Konsumen, Pengurai (Dekomposer)

Semua organisme dalam ekosistem membutuhkan energi untuk hidup. Organisme dapat dikelompokkan berdasarkan bagaimana mereka mendapatkan energi. Organisme dalam suatu ekosistem dikelompokkan sebagai produsen, konsumen, juga dekomposer.
  • Kita mendapatkan energi dari makanan yang Kita makan.
  • Semua energi makanan di Bumi berasal dari matahari.
  • Tanpa matahari, segala sesuatu di Bumi akan mati karena tidak memperoleh energi serta kelaparan.

Makhluk hidup

Makhluk hidup dibagi menjadi 3 kelompok utama:
  1. Produsen
  2. Konsumen
  3. Dekomposer (Pengurai)

Setiap kelompok memiliki peran tertentu, atau bagian untuk dikerjakan yang merupakan tugas mereka. Pada akhir pelajaran ini, Kalian akan mengetahui Kita berada di kelompok mana.

Produsen

Tanaman menggunakan energi sinar matahari untuk membuat, atau menghasilkan makanan mereka sendiri, sehingga tumbuhan disebut produsen. Hewan, manusia tidak mampu menghasilkan makanan sendiri, non produsen. Kita bisa makan dari tempe, roti, selai kacang, tetapi perlu diingat roti berasal dari gandum, selai kacang awalnya tanaman kacang, sedangkan tempe berbahan kedelai, kita cuma bisa mengolah makanan dari produsen.
Contoh Produsen Mangga, Sawi, Singkong, Labu, padi produsen beras
Contoh Produsen Mangga, Sawi, Singkong, Labu, padi produsen beras

Konsumen

Konsumen berarti "makan." Ketika kalian melahap tempe gorang, kita mengkonsumsinya dari bahan kedelai (produsen). Akibatnya, kita dan semua hewan adalah konsumen. Beberapa konsumen, seperti belalang, makan tanaman. Konsumen lain, seperti burung, memakan belalang. Kemudian konsumen yang lebih besar, seperti elang, memakan burung

Contoh konsumen kelinci, ikan, tupai, kepiting, orang utan, kalajengking
Contoh konsumen kelinci, ikan, tupai, kepiting, orang utan, kalajengking


Beberapa organisme harus mendapatkan energy dengan memakan organisme lain. Organisme ini disebut konsumen.

Konsumen dapat dibagi menjadi tiga kelompok: 

  1. konsumen herbivora, 
  2. konsumen karnivora, 
  3. dan konsumen omnivora.

Herbivor

Herbivora adalah organisme konsumen yang hanya makan tanaman. Karena tanaman, pohon, semak belukar membuat makanan mereka sendiri a.k.a produsen, herbivora mendapatkan energi dari mengkonsumsi produsen ini. Dalam ekosistem hutan, rusa, kelinci adalah herbivora konsumen. Dalam ekosistem sabana di Afrika, zebra, gajah adalah herbivora sabana.

Karnivor

Karnivora adalah konsumen yang hanya memakan hewan organisme lain. Dalam ekosistem laut, hiu, walrus, anjing laut, dan gurita adalah karnivora laut. Dalam ekosistem darat, singa, serigala, elang, dan elang adalah karnivora konsumen. Beberapa karnivora disebut pemakan bangkai (sisa). Karnivora ini memakan hewan yang sudah mati. Sebagian besar waktu karnivora jenis ini, mengambil makan sisa dari karnivora lain. Salah satu contoh pemakan sisa organisme adalah burung pemakan bangkai.

Omnivor

Omnivora adalah konsumen pemakan tumbuhan dan hewan. Karena mereka dapat makan berbagai organisme, omnivora dapat dengan mudah beradaptasi dengan perubahan lingkungan. Babi, beruang, musang, dan manusia adalah contoh dari omnivora.

Organisme seperti jamur dan bakteri mendapatkan energi dengan cara berbeda dari produsen atau konsumen. Organisme ini, disebut dekomposer, adalah mendapatkan energi dengan memecah nutrisi pada organisme mati. Ketika mereka memecah nutrisi, dekomposer menghasilkan produk sederhana seperti air dan karbondioksida. Produk-produk ini dikembalikan ke ekosistem untuk digunakan organisme lain. Dekomposer sangat penting karena mereka mengembalikan nutrisi dan produk ke ekosistem. Organisme dekomposer  adalah berperan sebagai pendaur ulang / pengurai. Rayap dan cacing tanah adalah contoh pengurai.

Dekomposer

Cepat atau lambat semua mahluk hidup mati! Bagaimana jika mereka tidak membusuk, atau terawetkan semua? Bayangkan seperti apa Bumi ini?

Untungnya makhluk hidup yang disebut pengurai menyebabkan tumbuhan dan hewan mati membusuk. Pengurai menghancurkan benda-benda mati menjadi potongan-potongan kecil. Potongan-potongan ini menjadi makanan di tanah untuk membantu lebih banyak tanaman tumbuh.

Contoh dekomposer Jamur, Cacing tanah, Ganggang kecil,
Contoh dekomposer Jamur, Cacing tanah, Ganggang kecil, 

Tanah dan Air

Produsen, konsumen, dan pengurai tinggal di darat dan di air.
  • Ganggang kecil di kolam adalah produsen.
  • Kecebong memakan alga adalah konsumen.
  • Ikan lebih besar memakan ikan kecil juga konsumen.
  • Cacing, serangga hidup di lumpur di dasar kolam adalah pengurai.


Apa itu rantai makanan?

Rantai makanan adalah "urutan organisme, dimana masing-masing organisme menggunakan anggota urutan organisme berikutnya pada level lebih rendah sebagai sumber makanan".
Rantai makanan adalah "urutan organisme, dimana masing-masing organisme menggunakan anggota urutan organisme berikutnya pada level lebih rendah sebagai sumber makanan".


Apa itu jaring makanan?

Jaring makanan adalah "pola rantai saling makanan"
Jaring makanan adalah "pola rantai saling makanan"


Piramida Energi

Piramida energi menunjukkan jumlah energi di setiap tingkat jaring makanan.
Piramida energi menunjukkan jumlah energi di setiap tingkat jaring makanan.


Bayangkan kehidupan hutan dengan ular, monyet, elang, tikus, jamur, rerumputan, pepohonan, cacing, bunga, lebah. Apa peran masing-masing makhluk hidup tadi? Apakah produsen, konsumen atau dekomposer? Bagaimana jika hutan tersebut terbakar, apakah akan tetap seimbang?