Struktur Ginjal

Setelah kita mempelajari mengenai anatomi ginjal, anatomi pankreas, fisiologi ginjal, dan anatomi empedu, sekarang teman-teman plengdut.com akan belajar lebih dekat tentang ginjal terutama pada struktur organ ini. 

Struktur gambaran ginjal ini akan plengdut jelaskan satu persatu dengan bantuan media gambar agar nantinya teman-teman bisa lebih mudah dalam mengingatnya.
Struktur gambaran ginjal ini akan plengdut jelaskan satu persatu dengan bantuan media gambar agar nantinya teman-teman bisa lebih mudah dalam mengingatnya.

Baiklah, langsung saja kita perhatikan gambar & penjelasan struktur ginjal berikut :


1.
Hilus ginjal
Hilus ginjal adalah lekukan di dekat pusat daerah cekung ginjal. Ini adalah area ginjal dimana ureter meninggalkan ginjal dan struktur lainnya termasuk pembuluh darah (ilustrasi), pembuluh getah bening, dan saraf tenterari / tinggalkan ginjal.
2.
Kapsul ginjal
Kapsul ginjal adalah membran, halus transparan, berserat yang mengelilingi, membungkus, dan melindungi ginjal. Setiap ginjal memiliki kapsul ginjal sendiri (lapisan luar ginjal), yang membantu menjaga bentuk ginjal sekaligus melindunginya dari kerusakan.

Kapsul ginjal itu sendiri dikelilingi oleh massa jaringan lemak yang juga membantu melindungi ginjal karena kerusakan dengan melindunginya jika terjadi benturan atau gerakan mendadak.
3.
Korteks ginjal
Korteks ginjal adalah bagian luar ginjal dan memiliki warna kemerahan (terlihat sangat pucat di atas). Ini memiliki tekstur yang halus dan merupakan lokasi Kapsul Bowman dan glomeruli, di samping tubulus proksimal dan distal yang berbelit-belit dan persediaan darah yang terkait (struktur ini adalah bagian dari nefron ginjal dan masih berkaitan dengan pembahasan tentang ginjal nefron).
4.
Medula ginjal
Medulla ginjal adalah bagian dalam ginjal. "Medulla" berarti "bagian dalam". Daerah ini adalah warna coklat-merah ginjal bergaris-garis (bergaris-garis).
5.
Piramida ginjal
Ada kira-kira. 5 - 18 struktur segitiga lurik yang disebut "Renal Pyramids" di dalam medula ginjal pada masing-masing ginjal. Penampilan dari striations disebabkan oleh banyak tubulus lurus dan pembuluh darah di dalam piramida ginjal.
6.
Panggul ginjal (Pelvis)
Pelvis ginjal adalah cekungan berbentuk corong (rongga) yang menerima urin yang terkuras dari nefron ginjal melalui saluran pengumpul dan kemudian duktus papiler (yang lebih besar).
7.
Arteri ginjal
Arteri ginjal membawa darah beroksigen ke ginjal. Arteri utama ini terbagi menjadi beberapa cabang kecil saat memasuki ginjal melalui hilus ginjal. Arteri yang lebih kecil ini terbagi menjadi pembuluh seperti arteri segmental, arteri interlobar, arteri arkuata dan arteri interlobular. Ini akhirnya terpisah menjadi arteriol aferen, salah satunya melayani setiap nefron di ginjal.
8.
Renal vein ginjal
Vena ginjal menerima darah terdeoksigenasi dari vena peritubular di dalam ginjal. Ini bergabung menjadi vena interlobular, arkuata, interlobar dan segmenal, yang kemudian mengirimkan darah terdeoksigenasi ke pembuluh darah ginjal, melalui tempat dimana ia dikembalikan ke sistem peredaran darah sistemik.
9.
Interlobular arteri
Arteri interlobular memberikan darah beroksigen pada tekanan tinggi ke kapiler glomerulus.
10.
Vena interlobular
Vena interlobular menerima darah terdeoksigenasi (pada tekanan rendah) yang dikeluarkan dari unit penyaring glomerulus dan dari Loops of Henle.
11.
Ginjal nefron
Ginjal nefron adalah unit fungsional ginjal. Bahwa ini, nefron ginjal yang sebenarnya melakukan fungsi utama ginjal. Ada kira-kira. satu juta nefron di dalam setiap ginjal. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang ini, kunjungi halaman tentang nefron ginjal.
12.
Saluran pengumpul (Ginjal)
Duktus pengumpul yang dilabelkan pada diagram di atas adalah bagian nephron ginjal (ditunjukkan dengan pembesaran gambar). Tubulus distal berbelit dari banyak nefron kosong ke dalam satu saluran pengumpulan. Banyak saluran pengumpul seperti itu menyatu untuk menguras urin yang diekstraksi oleh ginjal ke dalam saluran papiler, lalu ke dalam kelopak kecil, lalu kelopak mata utama (di pusat ginjal), dan akhirnya masuk ke dalam ureter dimana urin meninggalkan ginjal dalam perjalanan. ke kandung kemih.
13.
Ureter
Ureter adalah struktur dimana urin disampaikan dari ginjal ke kandung kemih.