Hubungan Uang, Ekonomi Moneter, Bank dan Masyarakat

Ruang Lingkup Ekonomi Moneter

Ekonomi moneter merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang khusus yang mempelajari tentang sifat, fungsi dan pengaruh uang terhadap kegiatan ekonomi. Persoalan pokok yang dipelajari dalam ekonomi moneter adalah berkaitan dengan:

  1. Peranan dan fungsi uang dalam perekonomian.
  2. Sistem moneter dan pengaruhnya terhadap jumlah uang beredar dan kredit di masyarakat.
  3. Struktur dan fungsi bank sentral.
  4. Pengaruh jumlah uang beredar dan kredit terhadap kegiatan ekonomi.
  5. Pembayaran serta sistem moneter internasional.

Beberapa alasan yang dapat dikemukakan dalam mempelajari ekonomi  moneter adalah pemahaman secara mendalam tentang mekanisme penciptaan uang, tingkat bunga, pasar uang, sistem dan kebijakan moneter, serta pembayaran internasional. Selain itu juga meningkatkan kemampuan menganalisis beberapa fenomena moneter dalam kaitannya dengan efek kebijakan moneter terhadap kegiatan ekonomi. 

Bagan Alur Ekonomi Moneter

Secara sederhana cakupan ilmu tentang ekonomi moneter dapat dijabarkan dalam Gambar moneter berikut ini. Bank Sentral merupakan bank yang diberi kewenangan untuk mencetak uang dan mendistribusikan pada masyarakat masyarakat hingga pelosok daerah.

Biasanya jenis uang bank yang beredar di masyarakat terdiri dari uang kartal yang berupa uang kertas dan uang logam serta uang giral yang berbentuk cek. Uang kartal yang beredar di masyarakat sebagian untuk di tabung di bank oleh masyarakat atau investasi di lembaga keuangan bukan bank. Bank berfungsi menerima dana dari masyarakat dan menyalurkannya kepada pihak ketiga (Rahardjo, 2009).  

Gambar: Ruang lingkup Studi Ekonomi Moneter dan masyarakat.
Gambar: Ruang lingkup Studi Ekonomi Moneter dan masyarakat.

Uang yang beredar di masyarakat juga perlu diatur jumlahnya agar dapat mempengaruhi perekonomian sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai pemerintah yaitu stabilisasi ekonomi melalui stabilitas nilai tukar uang, berkurangnya ketimpangan distribusi pendapatan serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi. 

0 komentar:

Post a Comment

Dengan menggunakan kolom komentar atau kotak diskusi berikut maka Anda wajib mentaati semua Peraturan/Rules yang berlaku di situs plengdut.com ini. Berkomentarlah secara bijak.

Note: Only a member of this blog may post a comment.