Youtube Channel Art Size (Ukuran) Template Header

Bagi seorang Youtuber, mempercantik tampilan channel menjadi hal utama untuk menarik perhatian pengunjung terhadap channel kita. Mulai dari peletakan susunan video berdasarkan kategori hingga mengatur tampilan desain channel.

Namun apakah sahabat plengdut pernah mengalami saat setting channel header art youtube, hasilnya terlihat memuaskan di versi PC tetapi berantakan di versi mobile atau sebaliknya? Kemudian bertanya-tanya berapa ukuran size normal header template art standard Youtube? Pada postingan kali ini akan plengdut.com ulas tentang size ukuran template header channel art youtube tersebut.

Youtube Header Art Berubah-ubah Ukuran

Youtube header channel adalah tampilan banner art atau latar belakang bagian halaman atas channel youtube. Fungsinya adalah sebagai identitas channel, serta memberikan tampilan ciri khas nuansa unik bagi halaman Anda.

Info: Saat ini editing header art maupun mengganti channel icon youtube hanya dapat dilakukan melalui komputer laptop juga desktop, tidak untuk perangkat seluler handphone.

Penting dicatat bahwa: view header channel tampak berbeda tampilan ukuran pada youtube layar desktop, TV, & handphone. Itulah sebabnya ukuran art banner akan terpotong jika dibuka melalui handphone maupun Tv.

Panduan ukuran standard template banner YouTube

Header channel terlihat berbeda-beda di layar desktop, perangkat seluler, dan TV; gambar besar background jadi nampak terpenggal separuh. Untuk mendapatkan hasil terbaik di semua perangkat, tipsnya adalah:
  1. Youtube menyarankan penggunaan ukuran 2560px x 1440px sarat channel header.
  2. Dimensi minimum upload: 2048 x 1152 piksel 
  3. Area aman peletakan teks dan logo: 1546 x 423 piksel. Gambar yang besar dapat terpotong pada tampilan atau perangkat tertentu.
  4. Lebar maksimum size: 2560 x 423 piksel. Dengan lebar ini, "area aman" akan selalu terlihat, berapa pun ukuran layarnya. Area setiap sisi header channel akan terlihat atau terpotong, tergantung pada ukuran browser.
  5. Ukuran file: 6 MB kebawah (semakin kecil menambah score fast loading speed).

Berikut plengdut sediakan Channel Art Templates dalam bentuk psd & jpg youtube yang bisa membantu terutama dalam centering lebar × tinggi posisi teks logo, resmi punya youtube; unduh template. 

Bisa juga sahabat menggunkan template frame youtube yang sudah plengdut bolongin (template transparant), cara pakainya template tinggal di tumpuk layernya jika memakai photoshop agar tau dimana area logo & text dipasang.
Bisa juga sahabat menggunkan template frame youtube modifikasi yang sudah plengdut bolongin (template transparant), cara pakainya template tinggal di tumpuk layernya jika memakai photoshop agar tau dimana area logo & text dipasang. (Wilayah putih tengah tempatnya logo/teks)
Contoh, theme channel kuliner, source image pexel, ukuran telah plengdut sesuaikan 2560x1440px.
Contoh, theme channel kuliner, source image pexel, ukuran telah plengdut sesuaikan 2560x1440px.

Menambahkan atau mengubah header channel

Setelah desain header jadi, saatnya upload ke channel, dengan cara:
  • Login Youtube melalui Komputer.
  • Pada menu pojok kanan atas youtube, pilih Channel Saya.
  • Untuk header channel baru: dekat bagian atas layar youtube, klik Tambahkan header channel.
  • Jika ingin mengganti header channel yang sebelumnya sudah ada: Arahkan kursor ke banner lama youtube channel dan klik Edit  kemudian Edit header channel.
  • Upload gambar foto dari komputer atau foto yang telah disiapkan. Anda juga dapat mengklik tab Galeri untuk memilih gambar dari galeri foto YouTube.
  • Next akan tampil pratinjau tampilan header tersebut di berbagai perangkat youtube. Untuk membuat perubahan, pilih Sesuaikan cropping.
  • Klik Pilih.

Menambahkan link media sosial di banner channel

Kamu bisa juga menambahkan link situs media sosial di banner channel, caranya adalah:
  • Di komputer, buka channel dan klik tab Tentang. Jika Anda menggunakan tata letak YouTube baru, klik Sesuaikan channel.
  • Arahkan kursor menuju pilihan "Link", kemudian klik ikon edit .
  • Klik tombol +Tambahkan
  • Masukkan nama medsos dan URL situs yang ingin ditautkan. Teman-teman dapat menambahkan maksimal lima link.
  • Klik Selesai. 

Link yang ditambahkan di sini akan ditampilkan persis di bagian bawah deskripsi, dan akan menggunakan ikon dari masing-masing  jaringan sosmed yang sesuai ketika ditampilkan.