Menentukan Tema serta Amanat Puisi terjemahan yang Dibacakan

3770
Pada postingan sebelumnya telah dijelaskan materi tentang puisi dan memahami puisi dengan cara menganalisis puisi. Pada postingan kali ini kamu akan belajar menentukan tema serta amanat puisi terjemahan yang dibacakan.

Sebagaimana bentuk karya sastra yang lain, puisi sebagai karya sastra juga dibangun dari beberapa unsur atau elemen. Unsur-unsur pembangun puisi, antara lain perasaan (feeling), nada (mood), amanat (message), dan tema (theme). Perasaan (feeling) adalah sikap penyair terhadap objek yang dibicarakan atau diungkapkan dalam puisi. Dalam menciptakan puisi, suasana perasaan penyair ikut diekspresikan dan dapat dihayati oleh pembaca. Sikap penyair terhadap objek yang dibicarakan dapat berupa simpati, empati, antipati, rasa benci, setia kawan, dan rasa tidak senang. Untuk mengungkapkan tema atau objek yang sama, penyair yang satu dengan penyair yang lainnya berbeda-beda sehingga hasil puisi yang dicip-takannya berbeda. Nada (mood) adalah sikap penyair terhadap pembaca. Dalam menulis puisi, penyair mempunyai sikap tertentu kepada pembaca. Apakah ia ingin menggurui, menasihati, mengejek, menyindir, atau hanya sekadar berbagi cerita.Selanjutnya, tema (theme) adalah gagasan pokok yang dikemukakan oleh penyair. Pokok pikiran yang mendesak dalam jiwa penyair sehingga menjadi landasan utama pengucapannya. Sementara itu, amanat pesan (message) adalah sesuatu yang ingin disampaikan oleh penyair. Amanat tersirat di balik kata dan ungkapan yang disusun dalam puisi. Amanat merupakan kelanjutan dari tema. Dengan tema itu penyair mau apa? Bertujuan untuk apa? Bermaksud bagaimana?
Menafsirkan tema dan amanat dari puisi terjemahan merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap karya sastra. Dan kemampuan menafsirkan tema dan amanat puisi merupakan indikator dari tercapainya kegiatan memahami puisi.
Menafsirkan tema dan amanat yang ada dalam puisi terjemahan bukan hal yang mudah. Hal ini dikarenakan makna kata dalam sebuah bahasa terkadang tidak bisa diterjemahkan ke dalam bahasa yang lain. Oleh karena itu penguasaan terhadap bahasa sangat dibutuhkan, tidak saja secara harfiah namun juga secara mendalam, termasuk di dalamnya pemaknaan dalam sebuah kata. Untuk bisa memahami isi puisi, mutlak dilakukan pembacaan puisi asli dan puisi yang telah diterjemahkan. Langkah berikutnya melakukan identifikasi dan analisis terhadap isi perbagian (pilihan kata dan beberapa unsur elemen yang ada dalam puisi) untuk mendapatkan keseluruhan makna dari puisi tersebut.
Latihan:
1. Dengarkan pembacaan puisi terjemahan oleh temanmu berikut! Usahakan kamu benar-benar memperhatikan dan konsentrasikan dirimu saat mendengarkan!

Melopee
Di bawah rembulan bergerak tenang
sungai nan panjang
Di atas sungai nan panjang bergerak
gontai sang rembulan
Di bawah rembulan di atas sungai
bergerak perlahan sampan
menuju laut

Melalui ilalang panjang
Melalui padang terbentang
bergerak perlahan sampan menuju laut
bersama sang rembulan yang gontai
bergerak sampan perlahan
menuju laut
Mereka begitu akrab menuju laut,
sampan rembulan dan lelaki
Mengapa rembulan dan lelaki berdua
setia bergerak tenang
menuju laut

[Karya Paul van Ostaijen (Belanda) dialihbahasakan Mursidah, sumber Membaca Sastra, Melani Budianta, dkk.]

2. Ungkapkan makna atau maksud dari puisi di atas secara garis besar! Sertakan juga bukti dan alasan yang mendukung ungkapanmu tersebut!

3. Berikan tanggapan atas pengungkapan makna yang diungkapkan oleh temanmu tersebut! Sertakan juga bukti dan alasan yang mendukung tanggapan yang kamu berikan, sehingga terjadi diskusi di dalam kelas!

4. Lakukan identifikasi dan analisis terhadap puisi tersebut dengan melakukan hal-hal berikut! (Sebelumnya lakukan pembacaan dan pemahaman terhadap puisi tersebut)
  • Tentukan tema dengan bukti yang mendukung!
  • Tentukan sikap penyair terhadap objek yang dibicarakan!
  • Tentukan sikap penyair terhadap pembaca!
  • Jelaskan amanat/pesan!

5. Cari sebuah puisi terjemahan di media cetak (majalah sastra)! Selanjutnya lakukan identifikasi dan analisis untuk menentukan tema dan amanat puisi terjemahan tersebut! Kutip kata atau kalimat sebagai bukti rumusan tema atau amanat yang kamu rumuskan!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY